Bahaya! Awas Alergi Makanan Pendamping ASI Pada Bayi

Bahaya - Awas Alergi Makanan Pendamping ASI Pada Bayi

BayiKecil.comAwas alergi makanan pendamping ASI pada bayi..! untuk anda yang memiliki bayi, terutama yang memasuki usia 6 bulan, pasti sudah mulai mengenalkan (MPASI) makanan pendamping ASI. Beragam sajian makanan pendamping ASI, ada yang diproduksi dalam kemasan, home industry, atau mungkin anda berkreasi langsung di rumah agar lebih terjamin keamanan. Tetapi, sudah tahukah anda bahwa tidak semua jenis makanan pendamping cocok untuk bayi anda? Jika pemberian jenis makanan tidak sesuai, akan timbul alergi yang membuat bayi sakit.

Awas Alergi Makanan Pendamping ASI Pada Bayi

Bahaya - Awas Alergi Makanan Pendamping ASI Pada Bayi

Awas alergi makanan pendamping ASI pada bayi, Bayi Kecil Com menyarankan ada baiknya sebelum anda memberikan makanan pendamping ASI, anda terlebih dahulu konsultasi dengan ahli gizi. Karena bisa jadi, bayi anda alergi terhadap jenis makanan tertentu. Contohnya alergi terhadap kacang, daging, telur, sayuran dan lainnya. Agar gizi tetap terpenuhi, maka diperlukan kombinasi makanan tertentu sebagai pengganti makanan yang membuat bayi alergi. Jangan hanya karena bayi anda memliki alergi, lantas kebutuhan gizi tidak dipenuhi, hal ini akan berpengaruh terhadap pertumbuhan dan kecerdasan bayi. Tentu anda tidak berharap sejauh itu.

Baca juga: Mengenal Alergi Susu Sapi Pada Bayi

Apabila anda tidak awas akan alergi makanan pada bayi, maka akan terjadi komplikasi dan gangguan kesehatan. Beragam reaksi akibat alergi yang ditimbulkan seperti eksim, asma, peradangan dan lainnya. Untuk perkenalan pertama makanan pendamping ASI, berikan jenis buah dan sayur yang telah dihaluskan tanpa diberi tambahan perisa rasa. Kemudian berlanjut pada pemberian biskuit khusus yang telah dilumatkan, atau nasi tim yang halus. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengetes kecocokan pada bayi, pemberian porsi jangan terlalu banyak, bertahap saja.

Awas alergi makanan pada bayi juga dapat terjadi tidak hanya karena pemberian makanan pendamping ASI yang tidak tepat. Kurangnya kebersihan dan lingkungan ternyata berpengaruh terhadap alergi pada bayi. Sirkulasi udara buruk misalnya, dapat menyuburkan pertumbuhan bakteri yang apabila terhirup tidak hanya membuat bayi alergi tapi juga mudah sakit. Peralatan makan yang tidak bersih, makanan yang tidak higienis, tunggau pada kasur juga menyebabkan bayi jadi alergi.

Baca juga: 5 Hal Penting Memilih Tempat Tidur Yang Tepat Untuk Bayi

Agar anda lebih awas terhadap alergi makanan pada bayi, anda dapat mengingat kembali alergi apa yang dimiliki berdasarkan riwayat keluarga. Biasanya alergi yang dimiliki bayi, hampir mirip dengan yang dimiliki orang tuanya. Sehingga ketika anda akan memberikan makanan pendamping dapat lebih waspada pada jenis makanan tersebut.

Baca juga: Makanan Pendamping ASI Usia 6 Bulan Sesuai Anjuran Dokter

Dari sebagian informasi diatas, tentu diharapkan anda sebagai orang tua lebih maksimal terhadap kontrol dan pengawasan terbaik, karena anda adalah orang pertama yang bertanggung jawab akan bayi anda. Awas alergi makanan pendamping ASI pada bayi? Tentu kini bukan masalah.

Oleh Bayi Kecil Com

Berbagi informasi untuk bunda dan si bayi dikala waktu senggang dalam kesibukan dunia rumahan.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *