Bahaya Vaksin Imunisasi Palsu untuk Bayi & Anak-anak

Apa Bahaya Vaksin Imunisasi Palsu untuk Bayi Balita Anak
Apa Bahaya Vaksin Imunisasi Palsu untuk Bayi Balita Anak

BayiKecil.com – Beberapa saat yang lalu, oknum tak bertanggungjawab yang membuat dan mengedarkan vaksin bayi palsu memang sudah tertangkap. Namun, meskipun telah berada ditangan yang berwajib, nyatanya orangtua masih harus menanggung rasa takut dan khawatir dengan bahaya vaksin imunisasi palsu untuk bayi.

Lalu, apa sih yang akan terjadi jika anak kita mendapatkan vaksin abal-abal yang tidak asli? Simak penjelasannya berikut ini.

Lihat: Foto-foto Pembuat Vaksin Palsu untuk Bayi.

Menurut Direktur Yayasan Pemberdayaan Konsumen Kesehatan Indonesia (YPKKI) Marius Widjajarta menyatakan bahwa vaksin palsu balita ini sudah beredar hingga sepuluh tahun lebih. Jika dihitung, sudah puluhan juta korban dari suntikan vaksin tak asli ini.

Bahaya Vaksin Imunisasi Palsu untuk Bayi

Apa Bahaya Vaksin Imunisasi Palsu untuk Bayi Balita Anak
Apa Bahaya Vaksin Imunisasi Palsu untuk Bayi Balita Anak

Berbicara soal bahaya atau akibat pemberian vaksin palsu tentu saja dalam hal kekebalan tubuh (sistem imunitas) pada tubuh bayi itu sendiri.

Dengan kata lain, bayi yang selama ini secara tidak sadar menerima vaksin palsu, maka bayi tidak mendapatkan imunitas yang benar. Sehingga bisa dikatakan bayi tidak memiliki ketahanan terhadap serangan penyakit sesuai vaksin yang harusnya diberikan.

Apalagi jika pembuatan vaksin palsu tidak steril, maka bahaya yang paling ringan adalah badan panas pada bayi. Akibat yang berat bisa terjadi adanya infeksi kuman, bakteri, dan/atau virus yang masuk ke tubuh si anak.

Tragisnya, menurut Marius Widjajarta menjelaskan jika gejala sepsis tersebut sangat berat dan vaksin masuk ke dalam aliran darah menuju organ tubuh, maka akan berdampak kepada kelainan organ.

Perlu diketahui juga bahwa hal ini juga sesuai dengan sistem pemberian vaksin itu sendiri. Misalnya dimasukkan di jaringan kulit atau ke otot.

Hal yang paling besar dari bahaya vaksin imunisasi palsu untuk bayi adalah tidak menutup kemungkinan bisa terjadi kematian.

Oleh Bayi Kecil Com

Berbagi informasi untuk bunda dan si bayi dikala waktu senggang dalam kesibukan dunia rumahan.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *