Bagaimana Jika Bayi 3 Bulan Sudah Terkena Sakit Batuk

Bagaimana Jika Bayi 3 Bulan Sudah Terkena Sakit Batuk
Batuk Pada Bayi

BayiKecil.com – Pada usia bayi 3 bulan merupakan masa-masa yang penting di dalam pertumbuhan dan perkembangannya pada usia 3 bulan adalah saat di mana bayi sudah mulai ingin mengenal dan menjelajahi lingkungan di sekitarnya karena dalam masa ini merupakan fase pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat juga sebagai moment yang menyenangkan untuk anda sebagai orang tua.

Namun mengenai kesehatan bayi, bagaimana jika pada masa itu bayi anda terkena sakit batuk? Anda sebagai orang tua pasti akan panik saat menyaksikan buah hati anda terserang sakit batuk sehingga fase pertumbuhan dan perkembangannya terhambat untuk sementara. Sebagai orang tua yang pintar, selain panik anda tetap harus mempunyai solusi yang tepat untuk mengobati flu pada bayi 3 bulan.

Bagaimana Jika Bayi 3 Bulan Sudah Terkena Sakit Batuk?

Jika si kecil terkena sakit batuk. Ada beberapa alternatif yang bisa anda tempuh untuk mengobati batuk pada bayi 3 bulan yang aman tanpa efek samping, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini:

Bagaimana Jika Bayi 3 Bulan Sudah Terkena Sakit Batuk
Batuk Pada Bayi
  1. Jika bayi anda terkena sakit batuk disertai pilek. Maka Terapi Uap bisa anda lakukan. Yang anda butuhkan yaitu:
  • air panas (yang tidak mendidih)
  • baskom kecil
  • minyak kayu putih

Anda teteskan minyak kayu putih ke baskom yang berisi air panas, kemudian pangku bayi anda dengan posisi telungkup dan dekatkan kepala bayi ke arah baskom sehingga terkena uap dari baskom. Hal ini berguna untuk mengurangi hidung yang tersumbat.

  1. Menggosok uap

Untuk bayi 3 bulan gosokkan uap ke badan bayi terutama punggung, pundak dan bagian leher sehingga membantu bayi agar tidur pulas dan nyaman. Dengan menggosok menggunakan minyak kayu putih serta disertai menggosok dengan uap yang mengandung petrolatum juga agar hidung tidak tersumbat dan menyegarkan tenggorokan bayi.

Untuk bayi 1 – 9 bulan sangat dianjurkan untuk tidak menggunakan obat-obatan generic ataupun antibiotic dalam mengobati batuk pilek pada bayi, dikarenakan daya tahan tubuhnya belum mampu menghadapi obat.

  1. Memberikan waktu istirahat untuk bayi

Bayi dan anak-anak itu sangat membutuhkan waktu istirahat untuk melawan dan mencegah infeksi dalam tubuhnya. Berikan tempat yang nyaman untuk bayi agar tidurnya nyaman serta berkwalitas.

Demikian cara mengobati batuk pilek pada bayi usia 3 bulan yang bisa anda coba di rumah sebagai pengganti obat-obatan. Tetapi jika dengan cara tersebut dalam 1 minggu bayi anda tak ada perkembangan baik atau mengalami demam tinggi yang disertai muntah-muntah maka segeralah rujuk ke dokter terdekat, karena bisa jadi batuk pilek yang bayi anda alami bukan karena virus atau bakteri.

Baca juga: Anjuran MP-ASI Pertama Untuk Bayi 6 Bulan

Sekian artikel mengenai solusi bagaimana jika bayi 3 bulan sudah terkena sakit batuk, Semoga Bermanfaat 🙂

Oleh Bayi Kecil Com

Berbagi informasi untuk bunda dan si bayi dikala waktu senggang dalam kesibukan dunia rumahan.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *