Bayi Gagal Tumbuh Diberi Susu Kambing Apa Jadinya?

Susu Kambing Untuk Bayi

BayiKecil.com – Apa jadinya bila bayi gagal tumbuh diberi susu kambing ? Kita tahu susu kambing belum begitu populer di Indonesia dibandingkan susu sapi. Tetapi berbagai terobosan mampu membuat kita tercengang tentang manfaat susu kambing ini.

Memang tak semua bayi mau minum ASI eksklusif, tetapi bagaimana jika bayi gagal tumbuh malah diberi susu kambing, apakah tidak justru membahayakan, mengingat susu sapi saja tidak banyak memberikan manfaat selain ASI eksklusif

Bayi Gagal Tumbuh Diberi Susu Kambing Pengganti ASI Eksklusif

Susu kambing ternyata lebih baik dari susu sapi, bahkan susu kambing memiliki zat-zat yang diperlukan bagi si bayi untuk tumbuh kembang. Faktanya lagi susu kambing ini dapat diminumkan untuk bayi dari umur berapa saja, mulai dari batita (Bawah Tiga Tahun = 0-3 tahun) sampai balita (Bawah Lima Tahun = 3-5 tahun) Apalagi bagi bayi yang tak bersedia diberi minum ASI eksklusif sehingga mengancam pertumbuhannya, susu kambing ini mungkin solusinya.

Susu Kambing Pengganti Alergi

Bayi yang tidak minum ASI eksklusif dan digantikan dengan susu sapi tak seluruhnya cocok, justru bisa mengakibatkan alergi. Bagian yang diserang alergi ini adalah saluran pernafasan dan pencernaan dan kulit. Ini dapat menyebabkan bayi menderita muntah, diare sampai penyerapan nutrisi yang kurang sempurna, juga asma, bronkitis dan migren.

Susu Kambing Lebih Cepat Diserap Usus

Susu Kambing Untuk BayiSebenarnya tidak ada perbedaan antara susu kambing dan susu sapi dalam hal kadar kekentalannya, tetapi susu kambing memiliki kelebihan lebih mudah dicerna dan diserap usus daripada susu sapi. Jika susu sapi butuh 120 menit baru bisa diserap usus, susu kambing hanya 20 menit saja untuk bisa diserap usus. Kecepatan pencernaan ini sangat penting bagi bayi yang membutuhkan nutrisi yang lebih banyak untuk pertumbuhannya.

Kandungan Gizi Susu Kambing

Bayi yang gagal tumbuh dapat diberi minum susu kambing karena mengandung kalsium yang lebih banyak dari susu sapi. Susu kambing juga mengandung banyak triptophan untuk kemudahan pencernaan dan asam amino esensial yang sangat penting untuk perkembangan otak janin.

Paling Mirip dengan ASI

Diantara jenis susu lainnya, susu kambinglah yang paling mirip dengan susu ibu, walaupun rasanya agak asam manis, tetapi paling mirip dengan susu ibu. Recomended banget buat para ibu yang ingin menyapih anak juga bisa digantikan dengan susu kambing ini. Dari segi komposisi, nutrisi dan dan sifat kimia alami yang dimilikinya susu kambing sangat mirip dengan ASI.

Baca juga: Bayi Cacat Dalam Kandungan, Kehendak Tuhan atau Keteledoran Orang Tua?

Nah, sekarang ibu-ibu tak perlu khawatir lagi jika bayi gagal tumbuh diberi susu kambing pasti menunjukkan perkembangan yang bagus bagi perkembangan bayinya, sebab susu kambing paling mirip dengan ASI. Semoga bermanfaat 🙂

By Bayi Kecil Com

Berbagi informasi untuk bunda dan si bayi dikala waktu senggang dalam kesibukan dunia rumahan.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *