Penyebab Bayi Umur 2 Bulan Susah Tidur di Malam Hari

Penyebab Bayi Susah Tidur
Bayi Tengah Tidur Malam

BayiKecil.com – Bayi anda mulai menginjak umur 2 bulan dan sering bangun pada malam hari? Dan akhirnya si kecil yang masih bayi umur 2 bulan susah tidur di malam hari. Dari susah tidurnya bayi selain berdampak pada kesehatan sang bayi hal ini juga akan membuat ibu lebih cemas, terlebih lagi ibu juga pasti mengantuk dan tentunya membutuhkan waktu istirahat di malam hari. Silakan lanjut membaca artikel Penyebab Bayi Umur 2 Bulan Susah Tidur di Malam Hari.

Tidur merupakan sesuatu yang berperan bagi kesehatan bayi. Bagi sang bayi umur 2 bulan susah tidur di malam hari merupakan hal yang tentunya akan mencemaskan ibu.

Bagi bayi yang berumur 0-4 bulan mereka membutuhkan waktu tidur yang sangat panjang berkisaran antara 16-20jam/harinya. Selain itu aktivitas tidur bayi sangat berpengaruh dalam merangsang perkembangan otaknya. Sebaiknya anda kenali dulu apa penyebab bayi anda susah tidur.

Penyebab Bayi Umur 2 Bulan Susah Tidur
Bayi Tengah Tidur Malam

Penyebab Bayi Umur 2 Bulan Susah Tidur Di Malam Hari

Bayi Merasa Lapar

Bayi yang rewel dan susah untuk ditidurkan baik di siang/malam hari bisa saja disebabkan karena bayi merasa lapar.

Coba susui sang bayi jika ia susah ditidurkan, dan sebaiknya berikan bayi makan atau ASI 1-2 jam sebelum tidur. Layaknya orang dewasa, lapar juga membuat bayi susah tidur malam.

Belum Tahu Waktu

Bayi belum mengenal waktu malam, pagi atau siang hari. Bayi akan tidur apabila mereka merasa lelah.

Popok basah atau kotor

Popok basah atau terkena kotorannya karena buang air besar sehingga memberikan rasa tidak nyaman pada bayi. Usahakan anda sering mengecek popok bayi dan segera ganti apabila sudah basah atau terkena kotorannya.

Baju yang tidak nyaman

Bayi bisa saja susah tidur pada malam hari karena mereka dipakikakan baju yang tidak nyaman. Pakaian bayi yang nyaman sangat penting untuk diperhatikan jangan sampai bayi tidak nyaman atas apa yang dikenakannya.

Baca juga: Tips Memilih Baju Bayi Yang Bikin Nyaman

Gangguan kesehatan

Bayi yang mengalami gangguan kesehatan atau bayi yang kurang sehat memang biasanya mereka akan rewel dan susah untuk ditidurkan.

Kamar bayi yang kurang nyaman

Keadaan kamar yang kurang nyaman akan mempengaruhi si kecil sehingga susah untuk tidur juga. Suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin bisa membuat bayi tidak mau tidur. Perhatikan ventilasi udara diruangannya dan gunakan lampu yang redup untuk malam hari.

Kondisi tubuh bayi yang tidak segar

Tubuh bayi yang tidak/kurang segar karena lengket oleh keringatnya bisa menyebabkannya susah tidur.

Mengajak bayi bermain padahal sudah dekat dengan jam tidurnya

Jika ibu mengajak bayi bermain saat sudah dekat dengan jam tidurnya, tentu ini bisa membuat sang bayi senang sekaligus kelelahan.

Baca juga: Tahapan Perkembangan Bayi Yang Ibu Wajib Ketahui

Tidur yang kurang cukup akan berdampak pada kesehatan bayi. Bayi mudah sakit karena daya tahan tubuhnya menurun akibat kurang tidur.

Mungkin itulah beberapa penyebab yang menyebabkan bayi umur 2 bulan susah tidur di malam hari.

Oleh Bayi Kecil Com

Berbagi informasi untuk bunda dan si bayi dikala waktu senggang dalam kesibukan dunia rumahan.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *