Inilah Cara Aman Atasi Hidung Tersumbat Pada Bayi Baru Lahir

Cara Aman Atasi Hidung Tersumbat Pada Bayi Baru Lahir

BayiKecil.com – Jika bayi yang baru lahir (0-3 bulan) sedang mengalami sakit flu atau pilek sehingga menyebabkan hidungnya tersumbat anda sebagai ibunya pasti akan merasa cemas dan mencari cara bagaimanakah cara aman atasi hidung tersumbat pada bayi baru lahir.? Penanganan pada bayi yang baru lahir tentu harus dilakukan secara aman dan hati-hati. Hidung tersumbat merupakan gejala awal yang akhirnya dapat mengakibatkan sang bayi sulit untuk bernafas.

Bayi yang baru lahir biasanya akan rewel , susah tidur dan kesulitan untuk bernapas saat sedang mengalami pilek karena hidungnya yang tersumbat. Menjadi suatu hal yang sangat penting bagi anda sebagi seorang ibu untuk mengetahui cara aman atasi hidung tersumbat pada bayi baru lahir. Dengan begitu apabila suatu waktu bayi anda mengalami hidung yang tersumbat anda mungkin tidak akan terlalu cemas atau bingung, jika sudah mengetahui cara untuk mengatasinya dan anda akan lebih mudah untuk mengatasinya.

Tips dan Cara Aman Atasi Hidung Tersumbat Pada Bayi Baru Lahir

Cara Aman Atasi Hidung Tersumbat Pada Bayi Baru Lahir

  • Anda dapat menggunakan alat penghisap lendir pernapasan (nasal aspirator) yang hanya di khususkan untuk bayi yang biasanya akan ditemukan atau didapatkan dari apotek-apotek yang ada. Sebelum digunakan sterilkan terlebih dahulu bagian yang akan digunakan. Lalu tenangkan dulu sang bayi, kemudian baru masukkan nasal aspirator ke dalam hidungnya, tetapi jangan terlalu dalam dan lakukanlah dengan lembut agar hidung sang bayi tidak iritasi.
  • Gunakanlah larutan garam alami (NaCI) agar lendirnya menjadi encer sehingga mudah untuk dikeluarkan lendirnya. Anda bisa membuat larutan garam alami sendiri dengan cara melarutkan ¼ sendok teh garam kedalam ½ gelas air hangat. Lalu gunakanlah pipet untuk meneteskannya. Setelah lendir pada sudah encer gunakanlah nasal aspirator untuk membantu mengeluarkannya.
  • Anda juga dapat menekan lembut hidung dan sekitarnya pada sang bayi, membantu sang bayi melegakan pernafasannya dengan cara memijat lembut hidung dan bagian sekitarnya kemudian bersihkan ingus atau lendirnya dengan bahan atau kain yang lembut. Pijatan yang lembut akan merilekskan pernapasan bayi dan lendirnya pun akan keluar dengn mudah. Setelah itu bersihkan hidungnya dari bekas lendir yang mengering dengan tisu atau cotton bud basah.
  • Balsem pelega pernapasan bayi dapat digunakan juga untuk melegakan pernapasannya. Selain itu, balsem bayi juga dapat membuat hangat badannya dan uapnya dapat melegakan hidung sang bayi yang tersumbat.

Lihat Juga :

Itulah beberapa tips dan cara aman atasi hidung tersumbat pada bayi baru lahir, namun jika beberapa tips dan cara diatas belum dapat mengurangi kecemasan anda segeralah ibu periksakan sang bayi kepada dokter ahlinya.

Oleh Bayi Kecil Com

Berbagi informasi untuk bunda dan si bayi dikala waktu senggang dalam kesibukan dunia rumahan.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *