Marawat Kesehatan Gigi Bayi Sejak Dini Ini Caranya

Marawat Kesehatan Gigi Bayi Sejak Dini Ini Caranya

BayiKecil.comMerawat kesehatan gigi bayi sejak dini merupakan hal yang penting untuk kebersihan bayi itu sendiri. Banyak orang tua yang merasa kesulitan untuk membersihkan gigi bayinya karena rasa tidak nyaman ketika dibersihkan. Hal inilah yang menyebabkan hasil yang dicapai kurang maksimal.

Pentingnya merawat kesehatan gigi bayi sejak dini karena apabila gigi bayi rusak maka akan kesulitan untuk memulihkannya ketika buah hati anda telah dewasa. Langkah yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi bayi Anda harus tepat. Jika langkah yang dilakukan kurang tepat maka hasil yang dicapai juga kurang maksimal.

Berikut merupakan cara yang dapat dilakukan untuk merawat kebersihan gigi pada buah hati Anda.

Marawat Kesehatan Gigi Bayi Sejak Dini Ini Caranya

Merawat Kesehatan Gigi Bayi Sejak Dini Menggunakan Flouride

Flouride biasanya terdapat pada air minum. Fungsi flouride dapat melindungi gigi dari kerusakan gigi dan menyembuhkan apabila sudah rusak sejak dini. Untuk mendapatkannya dapat dilakukan dengan ke dokter gigi dan biasanya dokter akan memberikan resep tetes untuk diberikan pada bayi Anda. Baca: Lebih Lanjut Manfaat Fluoride pada Odol Bayi

Merawat Kesehatan Gigi Bayi Sejak Dini dengan Memeriksa dan Membersihkan

Gigi bayi yang baru tumbuh sehari sekali harus dibersihkan dengan kain yang bersih dan lembut. Dapat juga menggunakan sikat gigi khusus untuk bayi. Waktu yang paling tepat untuk membersihkan gigi bayi yaitu sebelum bayi Anda tidur ketika malam hari.

Ketika anak Anda telah berusia 2 tahun maka dapat digunakan sikat dan pasta gigi untuk anak-anak yang mengandung flouride. Anda dapat mengajarinya untuk menyikat gigi karena pasta gigi anak-anak mempunyai rasa buah yang disukai oleh anak-anak. Kebersihan gigi memang harus diajarkan pada anak sejak usia dini. Apabila pada giginya muncul noda dan terlihat bintik-bintik Anda dapat segera memeriksakan gigi pada dokter agar mendapat mendapat penanganan lebih dini sebelum gigi rusak.

Merawat Kesehatan Gigi Bayi Sejak Dini dengan Memberikan Makanan yang Sehat

Makanan untuk bayi atau balita sangat penting untuk menjaga kesehatan giginya. Agar gigi buah hati Anda tetap sehat maka pilihkanlah makanan yang aman untuk giginya. Hindari makanan yang mengandung banyak gula seperti permen dan coklat. Berikan makanan yang banyak mengandung sayur-sayuran dn buah-buahan.

Merawat Kesehatan Gigi Bayi Sejak Dini dengan Mengurangi Pemberian Botol Susu

Banyak orang tua yang memberikan dan membiarkan buah hatinya tertidur dengan menggunakan botol susu. Hal tersebut sebaiknya dikurangi agar giginya tidak rusak. Jika buah hati anda tidak bisa tidur tanpa menghisap botol susu maka botol tersebut dapat diisi dengan air putih saja. Atau minuman manis lain yang mengandung gula seperti jus buah. Untuk mengurangi ketergantungan pada botol susu, Anda dapat mengajari anak minum dari gelas sejak usia 1 tahun.

Baca juga: Rahasia! Bahan Alami untuk Perawatan Rambut Bayi

Dari beberapa cara merawat kesehatan gigi bayi sejak dini tersebut penting untuk memeriksakan kondisi gigi pada dokter gigi. Anda dapat mengajarkan bahwa pergi ke dokter gigi merupakan hal yang tidak menakutkan karena untuk kesehatan giginya. Dengan mengetahui cara merawat kesehatan gigi bayi sejak dini maka kerusakan pada gigi bayi juga dapat dihindari. Semoga bermanfaat 😉

Oleh Bayi Kecil Com

Berbagi informasi untuk bunda dan si bayi dikala waktu senggang dalam kesibukan dunia rumahan.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *