Cara Membersihkan Telinga Bayi Anak Bunda

Cara Membersihkan Telinga Bayi Anak

BayiKecil.com – Berbicara dunia bayi dan anak, tak lengkap rasanya tanpa membahas mengenai cara membersihkan telinga bayi anak. Merawat bayi memang gampang-gampang susah. Kita perlu hati-hati betul dalam melakukannya. Hal ini disebabkan oleh berbagai organ tubuh bayi baik organ tubuh dalam maupun organ tubuh luar masih sangat lunak dan rentan terhadap berbagai virus dan bakteri.

Untuk itu, di bawah ini kami akan menyajikan berbagai tahapan bagaimana cara membersihkan telinga bayi anak dengan baik dan aman. Membersihkan telinga bayi dengan rutin dimaksudkan agar bayi terjaga pendengarannya dan kebersihan telinganya.

Ada beberapa tahapan yang harus kita lakukan. Diantaranya :

Cara Membersihkan Telinga Bayi Anak

  1. Kita bisa melakukan perawatan kebersihan telinga si kecil dengan cara melakukan sendiri atau menyerahkannya pada dokter ahli di poli THT.
  2. Jika ingin melakukannya sendiri, sebaiknya hindari menggunakan obat yang dijual bebas. Atau dengan kata lain tanpa resep dari dokter. Karena, selain akan membahayakan, juga akan menimbulkan efek dikemudian hari.
  3. Lakukan perawatan rutin secara berkala. Mungkin seminggu sekali, seminggu dua kali, atau bahkan lebih. Berkonsultasilah pada dokter tentang rentang dan periode waktu yang tepat kapan telinga bayi harus dibersihkan.
  4. Pada tahap awal, mulailah dengan membersihkan daun telinga bagian luar terlebih dahulu. Bersihkan lekukan daun telinga luar dengan menggunakan alat khusus atau kapas yang lembut. Jangan menggunakan sembarangan alat. Terutama alat yang terasa kasar. Karena kulit bayi masih sangat lembut.
  5. Hal yang perlu diperhatikan adalah, jangan terlalu memaksa mengeluarkan kotoran yang ada dalam telinga bayi. Karena, pada dasarnya, kotoran itu mengandung antiseptik dan akan keluar sendiri tanpa harus dikeluarkan.
  6. Ada satu cara alami yang bisa membantu bayi untuk mengeluarkan kotoran telinganya sendiri tanpa harus dibantu dengan menggunakan alat. Yaitu, bagi bayi yang telah bisa makan makanan semacam makanan pendamping ASI. Atau dengan cara menghisap dot. Ini adalah cara alami yang bisa dilakukan agar kotoran telinga bayi bisa keluar dengan sendirinya.
  7. Jika ternyata dengan cara ini kotoran tidak juga bisa keluar dan malah semakin bertambah, kita bisa mencoba alternatif lain. Yaitu dengan menggunakan obat tetes telinga yang kita dapatkan dari resep dokter.
  8. Cara membersihkan telinga bayi anak lainnya adalah jangan membersihkan telinga ketika telinga sedang kering. Karena gesekan pada kulit bayi justru akan membuatnya iritasi. Bersihkan telinga bayi saat kulit sedang dalam keadaan basah. Misalnya saat si kecil sedang mandi.

Baca juga: Cara Mengatasi Ruam Popok Bayi

Itulah beberapa info menganai bagaimana cara membersihkan telinga bayi anak. Sekali lagi, memang perlu sedikit kehati-hatian dalam membersihkan telinga bayi. Karena kulit bayi masih lunak dan rentan terkena iritasi karena goresan. Semoga bermanfaat 😉

Oleh Bayi Kecil Com

Berbagi informasi untuk bunda dan si bayi dikala waktu senggang dalam kesibukan dunia rumahan.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *