Cara Membuat Makanan Bayi Sesuai Anjuran Dokter

Cara Membuat Makanan Bayi Sesuai Anjuran Dokter
Makanan Bayi dari Jeruk

BayiKecil.com – Ibu muda kurang pengetahuan tentang cara membuat makanan bayi yang benar. Untuk itulah sangat diperlukan konsultasi dengan dokter. Tidak sembarang makanan itu baik untuk bayi. Ada takaran dan tahapannya.

Makanan, selain sebagai sumber bahan bakar energi pada tubuh manusia, juga menjadi faktor penunjang untuk tumbuh kembang tubuh anak, khususnya pada bayi.

Ada beberapa tahapan pada pemberian makanan pada bayi. Untuk itulah, kita harus tahu cara membuat makanan bayi yang benar, yang dianjurkan oleh dokter.

Tahap awal, dimulai dari yang cair, lalu setengah padat, kemudian padat, dan dilanjutkan makanan biasa berupa nasi dan lauk pauk. Apa saja makanan yang sesuai tahapan bayi? Yukk… kita baca ulasan di bawah ini.

Cara Membuat Makanan Bayi Sesuai Anjuran Dokter
Makanan Bayi dari Jeruk

Berbagai Tahapan Cara Membuat Makanan Bayi

Makanan Cair

1. ASI

Air susu ibu (ASI) adalah asupan terpenting pada bayi. ASI, selain mengandung semua zat gizi yang diperlukan untuk tumbuh kembang bayi, ASI juga mengandung macam-macam substansi anti-infeksi yang mampu melindungi bayi terhadap berbagai infeksi.

2. Susu Formula

Pilih susu formula yang komposisinya paling mirip ASI. Mintalah petunjuk dokter. Begitu pun cara meramu formula dan berapa banyak formula yang akan diberikan pada bayi Anda.

3. Buah-buahan

Selain menjadi sumber vitamin dan mineral, buah-buahan juga menjadi sumber serat yang bagus. Menginjak usia 6-8 bulan, bayi bisa diberikan buah-buahan seperti jeruk, pepaya, pisang, dan tomat. Buah bisa diberikan dalam bentuk jus.

Makanan Padat

1. Bubur Susu – usia 4-5 bulan.

Terbuat dari bahan tepung serelia seperti beras, maizena, terigu atau havermout, ditambah susu dan gula. Pembuatan bubur susu bisa dilakukan dengan dibuat sendiri atau membeli bubur susu instan.

2. Nasi Tim – usia 6 bulan.

Terdiri dari bubur beras ditambah lauk berprotein hewani maupun nabati ditambah sayuran seperti wortel dan bayam. Ada baiknya nasi tim haruslah melalui proses penghalusan terlebih dahulu.

Makanan bayi pertama usia 6 bulan itu tidak sulit untuk dibuat, diberi hanya 1 sendok makan per sekali makan, dan diberi 1 kali sehari. Makanan selingan berupa buah-buahan yang dilumatkan, dan ASI masih merupakan makanan utama.

Resep Cara Membuat Makanan Bayi

Air jeruk

Bahan : 1 buah jeruk garut atau jeruk siam, + (100 gr).

Cara membuat : Jeruk dicuci bersih dan dipotong melintang lalu diperas dan disaring.

Cara pemberian : Air jeruk tersebut diencerkan dengan air putih masak dengan perbandingan 1 : 1 dan diberikan sebanyak 1 sdt.

Selain air jeruk, masih ada beberapa resep yang lain yaitu air tomat, papaya saring, dan pisang ambon.

Baca juga: Vitamin Untuk Otak Anak Yang Baik Untuk Bayi Anda

Itulah beberapa cara membuat makanan bayi yang baik dan sehat. Selamat memasak dan semoga bermanfaat 😉

By Bayi Kecil Com

Berbagi informasi untuk bunda dan si bayi dikala waktu senggang dalam kesibukan dunia rumahan.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *