Cara Memijat Bayi untuk Meredakan Sakit Karena Tumbuh Gigi

Cara Memijat Bayi untuk Meredakan Sakit Karena Tumbuh Gigi

BayiKecil.comCara memijat bayi untuk meredakan sakit karena tumbuh gigi adalah upaya yang dilakukan seorang ibu untuk membuat anak balitanya sedikit merasakan kesakitan saat tumbuh gigi. Usia 6-12 bulan dimana gigi bayi tumbuh pertama kali kerap membuat bayi menjadi panik sehingga menangis.

Cara memijat bayi untuk meredakan sakit karena tumbuh gigi bisa dilakukan dengan beberapa tehnik pijatan yang bertujuan untuk meredakan rasa sakit karena tumbuh gigi. Yang paling penting pemijatan ini sebaiknya hanya dilakukan oleh seorang ibu karena ibu satu-satunya seseorang yang paling dekat dengan bayi, sentuhannya secara langsung meningkatkan hubungan emosional dan kasih sayang.

Cara Memijat Bayi untuk Meredakan Sakit Karena Tumbuh Gigi yang Benar

Cara memijat bayi untuk meredakan sakit karena tumbuh gigi bisa dilakukan dengan beberapa trik khusus yang bertujuan untuk menghilangkan rasa sakit, tetapi juga mengalihkan rasa sakitnya dengan rangsangan stimulus tertentu.

Cara Memijat Bayi untuk Meredakan Sakit Karena Tumbuh Gigi

Terkadang jika rasa sakit karena tumbuh gigi ini sudah datang bisa membuat anak merasa nyeri sehingga sulit tidur, menangis, bahkan bisa mengakibatkan flu atau panas, karena itu perlu beberapa trik sebagai berikut:

1 . Memberikan mainan tertentu untuk mengalihkan rasa sakitnya

Untuk mengalihkan rasa sakitnya, ibu bisa memberikan mainan yang bentuknya lunak untuk Ia gigit-gigit di gusinya sehingga ini untuk mengalihkan rasa sakitnya. Atau bisa juga dengan menggunakan washlap pengganti mainan untuk dikunyah-kunyah di gusinya, cara ini adalah saran dari American Academic Dentistry.

2 . Memijat Gusi Pelan-Pelan

Karena gusi adalah pusat saraf, termasuk juga pusat rasa sakit sebelum gigi tumbuh, maka gusi ini yang kita pijat, dengan cara menekan-nekannya dengan ujung jari telunjuk. Namun perlu diingat karena gusi bayi masih lemah agar memijatnya dengan pelan-pelan, dan sudah dipastikan jari tangannya sudah bersih dengan mencuci tangan untuk menghindari kuman yang masuk pada mulut karena kulit bayi masih sensitive.

3 . Pijat Sehat Seluruh Tubuh

Yang dimaksud dengan pijat sehat seluruh tubuh adalah pijat pada seluruh bagian tubuh yang meliputi, kepala, dada, tangan dan kaki. Untuk bagian kepala yang perlu dilakukan adalah memijat-mijatnya lembut dari kepala sampai ke tengkuk, adapun untuk tangan dengan menepuk-nepuknya secara lembut, adapun bagian kaki hampir sama dengan tangan dengan menepuk-nepuknya dan meremas-remasnya, adapun di bagian bokong dan kakinya dengan memijat-mijatnya dengan teknik memutar-mutarnya secara lembut, sembari membubuhkan minyak telon.

Lihat Juga:

Demikian beberapa cara memijat bayi untuk meredakan sakit karena tumbuh gigi yang bertujuan untuk mengalihkan rasa sakit, yang terpenting adalah alangkah baiknya jika pijatan itu dilakukan sendiri oleh seorang ibu sendiri.

Oleh Bayi Kecil Com

Berbagi informasi untuk bunda dan si bayi dikala waktu senggang dalam kesibukan dunia rumahan.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *