8 Cara Mengembangkan Kemampuan Otak Bayi

cara mengembangkan kemampuan otak bayi

BayiKecil.com – Artikel kali ini akan membahas 8 cara mengembangkan kemampuan otak bayi. Sebenarnya otak bayi sudah tumbuh dan berkembang sejak dalam kandungan. Yaitu pada saat menginjak delapan minggu. Pada saat itu susunan saraf pusat otak adalah merupakan organ yang pertama kali terbentuk.

Pada usia 16 hari masa kehamilan, maka terbentuklah sebuah lempengan saraf yang akan menggulung dan membentuk tabung saraf. Hari ke-22 sel-sel saraf mulai diproduksi.

Kemudian pada hari ke-35 otak besar di ujung tabung saraf mulai terlihat. Sehingga terbentuklah batang otak, otak kecil, dan bagian-bagian lainnya. Dan pada akhirnya. Pada bulan kehamilan delapan minggu. Otak serta sel-sel saraf tumbuh dengan cepatnya dan mencapai puncak pada trimester ketiga.

Cara Mengembangkan Kemampuan Otak Bayi

Sekitar 0-3 tahun. Bayi sangat membutuhkan beberapa dorongan untuk dapat mengembangkan kemampuan otak bayi anda. maka sebaiknya anda menyimak mengenai 8 cara mengembangkan kemampuan otak bayi, diantaranya :

  1. Memberikan pijatan lembut

Pijatan merupakan sentuhan langsung yang harus dilakukan oleh orang tua si bayi. Karena dengan pijatan ini akan memberikan rasa aman terhadap bayi anda. serta mampu merangsang sel saraf otak bayi. Sehingga kemampuan otak bayi anda berkembang dengan optimal.

  1. Mengajak berbicara

cara mengembangkan kemampuan otak bayiSelalu mengajak berbicara pada bayi anda. merupakan salah satu cara mengembangkan kemampuan otak bayi anda. selain itu dengan mengajak berbicara bisa membantu merangsang kemampuan verbal.

  1. Memberikan pelukan

Seorang ibu yang sering memberikan pelukan kepada si buah hati. Maka pelukan tersebut akan meningkatkan rasa tenang, nyaman. Sehingga si bayi akan lebih merasakan kasih sayang dari orang tuanya.

  1. Mengajak bermain

Mengajak bayi anda bermain. Akan mampu merangsang rasa senang dan bahagia pada si bayi. Serta lebih mempererat hubungan antara ibu dan bayi.

  1. Mengenalkan dengan lingkungan sekitar

Dengan cara membawa bayi anda keluar rumah. merupakan cara untuk merangsang otaknya untuk lebih mengenalkan lingkungan sekitar. Misalnya memperkenalkan keindahan alam, bisa melihat tumbuhan, dan hewan, dan makhluk hidup lainnya.

  1. Mengenalkan dengan orang-orang sekitar

Mengenalkan dengan orang-orang yang berada sekitrnya. Maka secara tidak langsung si ibu mengajarkan kepada si bayi untuk berinteraksi dengan orang lain. Jadi dengan melakukan kegiatan ini akan membantu dalam mengembangkan kemampuan otak pada bayi anda.

  1. Mengajak si bayi tertawa

Dengan megajak bayi anda tertawa. Secara tidak langsung oorang tua memperkenalkan / mengenali apa saja yang membuatnya senang, bahagia, sehingga membuatnya tertawa.

  1. Bermusik

Dengan sering mendengarkan music kepada bayi anda . sehingga Bayi akan lebih mudah merangsang kemampuan otaknya.

Baca juga: Artikel Mengenai Masalah Kulit Bayi

Demikian 8 cara mengembangkan kemampuan otak bayi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan bayi anda.

By Bayi Kecil Com

Berbagi informasi untuk bunda dan si bayi dikala waktu senggang dalam kesibukan dunia rumahan.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *