Tips Cara Mengurus Bayi Baru Lahir Abnormal / Tidak Normal

Cara Mengurus Bayi Baru Lahir Abnormal
Mengurus Bayi dengan Kelembutan

BayiKecil.com – Ketika melahirkan bayi, maka mau tidak mau seorang ibu harus tahu cara mengurus bayi baru lahir. Bayi yang baru lahir membutuhkan perhatian serta kasih sayang yang lebih. Tidak bisa dipungkiri bahwa kehadiran seorang anak adalah anugerah yang paling besar bagi seorang ibu. Walaupun merawat bayi akan memberikan pengalaman yang berbeda pada setiap orang, tetapi ada kemungkinan Anda juga akan merasa bingung dalam merawatnya.

Cara merawat bayi baru lahir yang sehat juga tidak terlalu sulit dan kadang membingungkan. Anda akan senang hati memberikan makanan serta keperluan yang lain untuk Anak Anda sesuai dengan cara-cara yang diketahui. Bayi yang sehat merupakan keinginan setiap orang tua.

Lalu bagaimana jika mengurus bayi yang istimewa, dalam artian bayi abnormal.

Cara Mengurus Bayi Baru Lahir Abnormal

Bayi abnormal merupakan yang mempunyai keistimewaan karena cara merawatnya juga harus ekstra. Kasih sayang dan kesabaran yang diberikan juga harus lebih. Berikut merupakan cara merawat bayi baru lahir secara prematur.

Cara Mengurus Bayi Baru Lahir Abnormal
Mengurus Bayi dengan Kelembutan

Cara Mengurus Bayi Baru Lahir Prematur

Bayi prematur merupakan bayi yang lahir dengan usia kehamilan yang kurang dari 37 minggu. Bayi prematur cenderung mempunyai berat badan yang rendah. Bayi prematur lahir belum pada waktunya, artinya bulan kelahirannya yang lebih cepat.

Bayi prematur belum memiliki kesempurnaan alat-alat kerja pada tubuhnya. Hal-hal yang perlu diperhatikan pada bayi prematur yaitu sebagai berikut.

Cara Mengurus Bayi berdasarkan Pengaturan Suhu

Pengaturan suhu pada bayi baru lahir harus secara tepat untuk menunjang perkembangan dan pertumbuhannya. Pada bayi yang mempunyai berat badan rendah akan mudah sekali menderita hipotermia ketika pada suhu dingin.

Ketika di rumah sakit, bayi akan diletakkan pada inkubator hanya memakai popok saja. Cara ini dilakukan untuk mengetahui keadaan bayi , perubahan pada tingkah laku, warna kulit, kejang, pernafasan, sehingga mengatasi masalah pada bayi dapat lebih cepat.

Cara Mengurus Bayi dengan Memberikan ASI

ASI merupakan makanan bayi yang terbaik. Jumlah ASI yang dihasilkan juga berbeda pada jumlah ibu yang melahirkan sesuai perkiraan waktu. Agar berhasil dalam memberikan ASI untuk bayinya, sebaiknya diberikan sesuai dengan panduan petugas atau perawat.

Cara Mengurus Bayi dengan Mencegah Infeksi

Pada bayi prematur akan rawan terserang infeksi, hal ini karena daya tahan tubuhnya kurang. Yang perlu dilakukan yaitu dengan memisahkan bayi dari bayi lain yang terkena infeksi, membersihkan tangan sebelum maupun sesudah memegang bayi, serta membersihkan tempat tidur bayi setelah ditempati agar tidak menimbulkan penyakit.

Baca juga: Siapkan! Daftar/List Perlengkapan Bayi Akan/Baru Lahir

Demikian sedikit informasi serta penjelasan tentang bayi baru lahir yang dapat diberikan. Mengurus bayi yang baru lahir merupakan kewajiban orang tua yang harus dilakukan. Semoga dengan informasi cara mengurus bayi baru lahir tersebut dapat bermanfaat untuk Anda.

Oleh Bayi Kecil Com

Berbagi informasi untuk bunda dan si bayi dikala waktu senggang dalam kesibukan dunia rumahan.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *