9 Tips Cara Mengurus Bayi Yang Lahir Prematur

Cara Mengurus Bayi yang Lahir Prematur
Bayi Premature dalam NICU

BayiKecil.com – Cara mengurus bayi yang lahir prematur adalah hal penting yang harus diketahui oleh para orang tua spesial. Karena mengurus bayi adalah saat yang sangat menyenangkan bagi para orang tua. Namun tidak semua bayi yang lahir ke dunia itu sesuai dengan harapan orang tuanya. Karena bagaimanapun Tuhanlah yang Kuasa dalam menentukan bagaimana dan dengan cara apa seorang bayi lahir ke dunia.

Untuk bayi yang premature wajib mendapat perawatan dalam NICU (Neonatal Intensive Care Unit) sampai bayi mampu untuk mengejar semua keterlambatan atas perkembangannya.

Apabila bayi prematur sudah memenuhi kriteria tertentu sesuai dengan ketentuan medis. Maka bayi tersebut akan diberi izin untuk bisa dibawa pulang ke rumah oleh orang tuanya, berikut adalah cara mengurus bayi premature yang baik dan benar.

Cara Mengurus Bayi yang Lahir Prematur

Cara Mengurus Bayi yang Lahir Prematur
Bayi Premature dalam NICU

Siapkan kamar serta baju atau pakaian yang bersih dan aman untuk Bayi

Karena tubuh bayi premature akan lebih mudah terkena berbagai infeksi dan penyakit karena daya tahan tubuhnya yang belum sempurna. (Jauhkan dari ruangan yang terpolusi debu, bahan kimia, serta asap rokok).

Aturlah suhu kamar bayi

Sekitar 26 ~ 27 derajat Celsius agar suhu badan bayi tetap stabil.

Lakukan metode Kangguru

Yaitu menggendong bayi atau dengan meletakannya pada bagian dada ibunya. Sehingga kulit bayi langsung bersentuhan dengan kulit ibu yang berguna dalam menjaga suhu tubuh sang bayi agar tetap stabil.

Harus selalu dalam control dokter

Hal ini penting karena dokter mampu mengetahui perkembangan juga kondisi bayi anda. Berat badan bayi merupakan tolak ukur keberhasilan cara mengurus bayi premature di rumah sendiri.

Jalankan program ASI eklusif pada bayi kurang bulan/premature

Karena lambung bayi premature kecil dan saluran cerna lambat maka dalam merangsang produksi ASI sangat bergantung pada sanggupnya ibu memerah/ mengosongkan payudara dikarenakan reflex bayi premature menghisap itu kurang atau belum ada.

Memperhatikan Nutrisi dan obat bayi anda

Lanjutkan memberikan obat ataupun vitamin pada bayi anda dari rumah sakit atau dokter yang sesuai dengan aturan pakai yang telah ditetapkan.

Menjaga kebersihan tubuh bayi

Dengan cara memandikannya setiap hari juga gunakanlah produk alat mandi yang diformulasikan secara khusus untuk bayi, agar tidak terjadi iritasi pada kulit bayi agar kulit bayi tidak kuning maka jemur bayi di bawah sinar matahari sekitar 10 – 15 menit.

Suasana tidur bayi seperti dalam rahim

Seperti membuat sebuah sarang pada tempat tidur bayi dari gulungan handuk tebal dibentuk menyerupai huruf U, sehingga setiap bayi bergerak akan selalu merasa dipeluk dan juga tidak akan dibuat kaget.

Jangan sampai bayi anda terlalu lelah

Tanda bayi kelelahan yaitu seperti hilangnya kontak mata, mengantuk, menguap, badan menjadi kaku dan rewel.


Baca juga: Bagaimana Cara Pijat Bayi untuk Stimulasi Kemampuan Bicara Anak.

Demikianlah cara mengurus bayi prematur di rumah sendiri, Percayalah bahwa anda sebagai orang tua adalah yang paling terbaik dalam merawat bayi. Sekian artikel tentang cara mengurus bayi premature yang baik. Semoga bermanfaat 🙂

Oleh Bayi Kecil Com

Berbagi informasi untuk bunda dan si bayi dikala waktu senggang dalam kesibukan dunia rumahan.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *