Bolehkah Menstimulasi Indera Bayi Dengan Pijat Bayi ??

Menstimulasi Indera Bayi Dengan Pijat Bayi

BayiKecil.comMenstimulasi indera bayi dengan pijat bayi. Bagi para orang dewasa sudah terbiasa dipijat. Namun bagi para balita mungkin agak terlalu takut juga untuk di pijat. Karena badannya dan otot-otot sarafnya yang belum kuat dan masih lemah. Maka apakah pijatan terhadap bayi di bolehkan dan apa saja manfaatnya ?

Baca juga ya: Tips Memijat Wajah/Muka Bayi yang Aman

Manfaat menstimulasi indera bayi dengan pijat bayi

Ternyata negara-negara di luaran sana sudah terbiasa melakukan pemijatan terhadap bayi. Mereka menganggap pemijatan terhadap bayi dapat menguatkan otot. Sehingga bayi akan merasakan kenyamanan. Selain memberikan rasa nyaman dan lebih merasakan kasih sayang orang tuanya. Nah selain itu pijatan ini juga berfungsi untuk memperlancar peredaran darah, membantu pernapasan dengan baik, dan mampu meningkatkan kekebalan tubuh bayi serta meningkatkan kesadaran bayi akan fungsi inderanya yaitu dengan cara menstimulasiindera bayi. Yaitu diantaranya :

  1. Indera Penglihatan

Menstimulasi Indera Bayi Dengan Pijat BayiMeskipun jarak pandang bayi masih terbatas. Tetapi istimewanya bisa sudah bisa melihat,mengamati, bahkan meniru ekspresi orang yang selalu berada disampingnya (ibunya). Maka fungsi pemijatan terhadap bayi anda akan lebih membantu dalam mengembangkan kemampuan bayi untuk lebih mengamati bahkan menirukan pada lingkungan sekitar.

  1. Indera pendengaran

Pada saat proses pemijatan, Sebaiknya mengajak sang buah hati berbicara, mengobrol, memberikan lantunan lagu. Karena suara yang dihasilkan dari ibunya akan memberikan ketenangan dan rasa nyaman terhadap bayi. Serta mampu merangsang komunikasi antara ibu dan si buah hati anda.

  1. Indera penciuman

Wewangian atau aroma yang digunakan sewaktu pemijatan akan membantu menenangkan dan mampu meningkatkan daya motorik (daya ingat). Hal ini dikarenakan indera penciuman lebih dekat atau lebih terhubung dengan bagian otak yang memproses emosi serta pembelajaran terhadap asosiasi.

  1. Indera peraba

Dengan seringnya melakukan sentuhan dengan orang tuanya (ibunya). Akan memberikan rasa nyaman. Dan bayi tersebut akan lebih merasa aman.

Cara dan Tekhnik Pemijatan Bayi Yang Benar

  1. Lakukanlah pemijatan pada sekitaran kaki
  2. Melakukan pemijatan pada sekitaran perut
  3. Melakukan pemijatan pada sekitaran dada
  4. Melakukan pemijatan pada sekitaran tangan
  5. Melakukan pemijatan pada sekitaran muka
  6. Melakukan pemijatan pada sekitaran punggung

Untuk bayi yang baru berusia 0-1 bulan Tidak disarankan untuk pemijatan pada area perut. Hanya cukup dengan usapan-usapan halus. Bayi yang sudah berusia 1-3 bulan sudah bisa disarankan untuk proses pemijatan. Namun masih menggunakan gerakan yang halus disertai dengan tekanan ringan saja dalam waktu yang singkat. Dan untuk bayi yang sudah berusia 3 bulan- 3 tahun Maka disarankan melakukan pemijatan dalam waktu yang agak lama.

Baca juga: Manfaat VS Bahaya Penggunaan Bedak pada Bayi

Itulah seputar Menstimulasi Indera Bayi Dengan Pijat Bayi. Semoga artikel bayi ini bermanfaat bagi anda 😉

By Bayi Kecil Com

Berbagi informasi untuk bunda dan si bayi dikala waktu senggang dalam kesibukan dunia rumahan.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *