Cara Perawatan Bayi Prematur Yang Benar

Cara Perawatan Bayi Prematur Yang Benar
Merawat Bayi Prematur Sendiri

BayiKecil.com – Siapa sih Orang Tua di dunia ini yang menginginkan anaknya terlahir dengan kondisi yang tidak normal. Pasti setiap orang yang berada di Dunia ini menginginkan yang terbaik bagi anak-anaknya.

Dalam artikel balita kali ini akan membahas seputar perawatan bayi prematur. Bayi prematur adalah bayi yang dilahirkan sewaktu dalam usia kandungan kurang dari 37 minggu. Pada normalnya bayi dilahirkan pada umur 37-41 minggu. Berat badan pada bayi prematur kurang dari 1300 gr. Oleh sebab itu bayi prematur rentan mengalami masalah kesehatan, seperti masalah pada pertumbuhan dan proses perkembangannya.

Baca juga: Tips Merawat Bayi Yang Baru Lahir Pramature

Maka oleh sebab itu bayi prematur sangat memerlukan perawatan yang benar. Yaitu dibawa keruangan khusus di Neonatal Intensive Care Unit (NICU) setelah lahir. Di dalam ruangan khusus ini, bayi prematur mendapatkan perawatan dari tim medis supaya bisa memacu tumbuh kembangnya si bayi. Setelah kondisi si bayi sudah mampu mengejar keterlambatan dalam perkembangannya.

Cara Perawatan Bayi Prematur Yang Benar
Merawat Bayi Prematur Sendiri

Nah pada umumnya pihak dokter sudah bisa mengizinkan pulang ke rumah. Namun tidak hanya itu. dokter juga menyarankan harus tetap melakukan perawatan di rumah. Berikut di bawah ini cara perawatan Bayi Prematur Yang Benar :

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Perawatan Bayi Prematur

  1. Siapkan kamar dan pastikan kamar bayi anda bersih dan aman. Karena bayi prematur mudah terkena virus. Karena kondisi daya tahan tubuhnya belum 100% sempurna.
  2. Aturlah suhu kamar bayi anda sekitar 26 hingga 27 derajat celcius. Supaya suhu badan bayi anda tetap stabil.
  3. Melakukan program ASI eksklusif pada bayi anda. karena ASI merupakan salah satu nutrisi yang paling penting dalam proses membantu meningkatkan berat badan bayi serta menjaga daya tahan tubuh bayi anda.
  4. Harus selalu berkonsultasi kepada dokter. Karena dokter lebih bisa mengetahui apakah bayi anda berkembang dengan baik atau tudak.
  5. Melakukan metode KMC (Kangaroo Mother Care). Metode ini dilakukan dengan cara menggendong bayi atau meletakkan di dada si ibu. Metode KMC ini berfungsi untuk menjaga suhu tubuh si bayi agar tetap stabil . serta dapat mempererat hubungan emosional antara si bayi dan si ibu.
  6. Harus memberikan asupan nutrisi dan obat. Nutrisi dan obat nya harus sesuai dengan anjuran dokter.
  7. Selalu memberikan stimulasi. Bayi prematur pada umumnya harus membutuhkan stimulasi. Stimulasi bisa berbentuk sentuhan, suara, dan bisa juga melalui penglihatan. Stimulasi ini betujuan agar perasaaan si bayi lebih tenang dan nyaman. Selain itu proses stimulasi juga berfungsi untuk membantu mempercepat pertumbuhan dan perkembangan si buah hati.

Baca juga:

Cara Mengurus Bayi Yang Lahirnya Premature

Penyebab dan Cara Mengatasi Bayi Sulit Buang Air Besar

Demikian Cara Perawatan Bayi Prematur Yang Benar. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

By Bayi Kecil Com

Berbagi informasi untuk bunda dan si bayi dikala waktu senggang dalam kesibukan dunia rumahan.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *