Cara Perawatan Tali Pusat Bayi Baru Lahir yang Benar

Perawatan Tali Pusat Bayi Baru Lahir yang Benar
Perawatan Tali Pusat Bayi Baru Lahir

BayiKecil.com – Perawatan tali pusat bayi baru lahir memang menjadi hal yang harus diperhatikan oleh setiap orangtua. Beberapa hari setelah pasca kelahiran, barulah tali pusat tersebut terlepas dan hal inilah yang harus diperhatikan agar perawatan yang diberikan harus benar dan berhati-hati.

Ketika masih di dalam kandungan, tali pusat menjadi penghubung janin dengan plansenta (ari-ari). Bayi yang baru lahir, tali pusatnya akan dipotong kemudian dibalut dengan kain kasa dan beberapa hari kemudian akan terlepas dengan sendirinya.

Tali pusat bayi pada umumnya akan terlepas setelah satu-dua minggu, agar tidak terjadi infeksi pada bayi maka perawatan pada tali pusat harus benar dan hati-hati dalam melakukannya.

Serangan tetanus bisa saja terjadi pada bayi karena perawatan tali pusar bayi baru lahir yang salah dalam melakukannya. Maka ada cara yang benar agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan tersebut.

Dalam membersihkan tali pusat bayi yang baru lahir, harus menggunakan kapas dan diberi sedikit alkohol, Anda jangan sampai menggunakan obat-obatan atau salep yang bukan berasal dari dokter.

Perawatan Tali Pusat Bayi Baru Lahir yang Benar
Perawatan Tali Pusat Bayi Baru Lahir

Perawatan tali pusat yang tepat juga akan mempercepat proses penyembuhan dan akan terhindar dari infeksi. Di bawah ini kami akan memberikan poin-poin penting, hal apa saja yang harus Anda perhatikan dalam merawat tali pusar bayi yang baru lahir.

Hal penting dalam perawatan tali pusat bayi

Seperti yang disebutkan di atas, perawatan tali pusat bayi baru lahir harus dilakukan dengan benar, maka ada hal yang harus diperhatikan dalam melakukannya, sebagai berikut :

  1. Ketika tali pusat belum atau sudah terlepas, Anda harus membersihkan tali pusat dengan kasa yang steril untuk membersihkan pendarahannya. Anda juga harus rutin mengganti kain kasa tersebut setiap bayi selesai mandi. Dan Anda harus sigap dan segera menghubungi dokter jika pendarahan pada tali pusat bayi tidak segera berhenti.
  2. Bayi yang baru lahir harus dimandikan dengan washlap dan menggunakan air hangat, apalagi ketika tali pusatnya belum terlepas.
  3. Dalam memakaikan popok, sebaiknya Anda memasangkan di bawah tali pusat buah hati Anda. Hal ini bertujuan agar tali pusar tidak terkena kotoran atau air kecil bayi.
  4. Memakaikan pakaian yang longgar pada bayi hingga tali pusatnya lepas agar bayi merasa nyaman dan sirkulasi udara di sekitar tali pusernya juga tidak terganggu.
  5. Jangan memberikan ramuan, obat atau salep pada pangkal tali pusat bayi dengan tujuan agar cepat lepas tanpa adanya resep dari dokter.
  6. Ketika tali pusat bayi sudah lepas, maka Anda jangan menutupi atau memberi plester pada tali pusatnya. Biarkan saja hingga daerha tali pusat tersebut sembuh dengan sendirinya agar keringnya pun cepat.

Baca juga: Cara Perawatan Bayi Sehari-hari Anjuran Dokter

Demikian artikel mengenai perawatan tali pusat bayi baru lahir. Semoga artikel ini bermanfaat bagi seluruh pembaca dan menjadi informasi yang baik.

Oleh Bayi Kecil Com

Berbagi informasi untuk bunda dan si bayi dikala waktu senggang dalam kesibukan dunia rumahan.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *