Ini Dia Lima Imunisasi Yang Wajib Bagi Bayi

Ini Dia Lima Imunisasi Yang Wajib Bagi Bayi

BayiKecil.com – Bagi para ibu yang baru saja melahirkan dan ini adalah pengalaman pertama sebagai seorang ibu, perlu mengetahui imunisasi yang wajib bagi bayi. Pada dasarnya, bayi ketika dilahirkan telah mendapat sistem imun alami yang didapatkan dari ibunya sejak dalam kandungan. Namun seiring dengan berjalannya waktu, secara perlahan sistem imun tersebut semakin berkurang. Alhasil, untuk menghindarkan beberapa penyakit yang fatal, seorang bayi wajib hukumnya untuk mendapatkan imunisai lengkap.

Ada lima imunisai yang wajib bagi bayi. Pemerintah melalui departemen kesehatan mewajibkan para orang tua untuk memberikan 5 imunisasi dasar tersebut. Tujuannya hanya satu. Agar para generasi bangsa ini bisa tumbuh menjadi bayi yang sehat.

Beberapa Imunisai Yang Wajib Bayi

  1. Bacille Calmette-Guérin (BCG)

Imunisasi Bacille Calmette-Guérin ini berguna untuk menghindarkan bayi dari penyakit TBC. Yaitu sebuah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Virus ini menyerang paru-paru pada bayi.

Ini Dia Lima Imunisasi Yang Wajib Bagi Bayi

Vaksin ini diberikan pada bayi ketika bayi telah menginjak umur 3 bulan. Namun perlu ada sedikit catatan. Jika bayi telah berumur 3 bulan lebih, terlebih dahulu perlu dilakukan pengujian. Apakah bayi telah terinveksi virus TBC atau belu,. Karena vaksin ini hanya bisa diberikan pada bayi yang negatif TBC.

  1. Hepatitis B

Imunisasi ini diberikan pada bayi untuk mencegah penyakit hepatitis B. Hepatitis B adalah sebuah penyakit yang bisa menyebabkan kerusakan hati pada penderitanya. Vaksin ini diberikan 3 kali. Yaitu ketika bayi berumur 12 jam setelah dilahirkan, ketika bayi berumur 1 bulan dan ketika bayi berumur rentang 3-6 bulan. Agar tidak menimbulkan masalah, pemberian antara vaksin pertama dan kedua minimal harus berjarak 4 minggu.

  1. Polio

Vaksin polio ini diberikan pada bayi untuk mencegah penyakit polio yang dapat menyebabkan kelumpuhan pada bayi. Vaksin ini diberikan pada bulan pertama setelah kelahiran. Sedangkan vaksin selanjutnya dilakukan saat bayi berumur 2, 4 dan 6 bulan. Dan pemberian vaksin ini harus dilakukan kembali ketika bayi telah berumur 18 bulan dan 5 tahun.

Imunisai Yang Wajib Bayi Lainnya

  1. Diphteria, Tetanus, Pertussis (DTP)

Vaksin ini diberikan pada bayi untuk mencegah beberapa penyakit. Yaitu penyakit Diphteria, adalah sebuah penyakit saluran pernafasan yang disebabkan oleh bakteri. Tetanus yaitu sebuah penyakit yang disebabkan karena inveksi pada kulit yang terluka. Dan Pertussis, yaitu penyakit yang menyebabkan batuk rejan.

  1. Campak

Imunisasi yang wajib bagi bayi lainnya adalah campak. Diberikan untuk menghindarkan bayi dari penyakit campak. Diberikan pada anak ketika berumur 9 bulan dan ketika berumur 6 tahun. Karena pentingnya imunisasi ini, maka diharapkan para ibu betul-betul mematuhi untuk kebaikan anaknya.

Baca juga: Bahan Baju Bayi Yang Aman dan Nyaman Bukan Murahan

Oleh Bayi Kecil Com

Berbagi informasi untuk bunda dan si bayi dikala waktu senggang dalam kesibukan dunia rumahan.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *