Apakah Kelas Renang Untuk Bayi Harus atau Tidak

Apakah Kelas Renang Untuk Bayi Harus atau Tidak

BayiKecil.com – Apakah kelas renang untuk bayi harus atau tidak,? Dari trend yang sedang berkembang pada masyarakat zaman sekarang dikalangan orangtua yaitu salah satunya mengajarkan anak berenang sedini mungkin. Sebelumnya AAP (American Academy of Pediatrics) melarang kelas renang pada umur balita di bawah 1-3 tahun, dengan alasan karena anak di bawah 1 tahun itu masih dianggap terlalu muda dengan kekebalan tubuh yang masih lemah atau rendah dan masih mudah terkena risiko flu atau infeksi lainnya. Tetapi untuk sekarang AAP sudah tidak lagi melarang untuk melakukan kelas renang pada bayi. Namun tetap saja, bagi anda sebagai ibu harus mengetahui batasan umur bagi bayi untuk bisa mulai mengikuti kelas renang setidaknya bayi harus sudah berusia 4 bulan karena pada umur ini sistem kekebalan bayi sudah cukup berkembang dan juga akan menurunkan risiko flu dan infeksi yang bisa terjadi.

Aktifitas berenang atau bermain dalam air merupakan sebagai awal tantangan untuk dilakukan bagi bayi anda untuk pertama kali dalam hidupnya. Jadi sebenarnya mengajarkan kelas renang untuk bayi harus atau tidak? Ternyata menurut beberapa penelitian, mengajarkan kelas renang sang bayi sejak usianya masih dini, olahraga ini ternyata membantu bayi mengembangkan keterampilan fisiknya secara impresif untuknya ketika telah dewasa. Bayi yang bisa berenang ternyata memiliki keseimbangan yang lebih baik dan mampu menggapai objek-objek di sekitarnya lebih mudah dibandingkan dengan bayi yang tidak diajarkan berenang.

Apakah Kelas Renang Untuk Bayi Harus atau Tidak
Bayi Berenang dengan Ibu

Manfaat Renang Untuk Bayi

  • Mengembangkan dan mengenalkan bayi untuk menghindari dari rasa ketakutan terhadap air.
  • Meningkatkan dan membantu koordinasi dan keseimbangan.
  • Memperkuat jantung bayi, paru-paru dan sistem pernapasan yang pada akhirnya akan membantu juga pada perkembangan otak.
  • Memperkuat ikatan antara bayi dengan ibunya atau orangtuanya.
  • Berenang secara teratur akan merangsang nafsu makan sang bayi, menyebabkan kualitas tidur dan pola makannya meningkat.
  • Mencegah fobia air dikemudian hari.

Langkah-langkah Mengajarkan Renang Pada Bayi

  • Lakukan latihan awal dengan kolam plastik atau karet.
  • Pilihlah area yang tingkat kedalamannya hanya sebatas pinggangnya saja.
  • Lakukan pengenalan air dikolam secara bertahap, dimulai dengan membasuh tubuhnya, lalu dalam posisi duduk gerakkan kakinya silih berganti dan gerakkan tangannya seperti mencipratkan, dan jangan lupa tetap bawa mainan air kesayangannya supaya tidak cepat bosan.
  • Tahap berikutnya, gunakan pelampung berbentuk ban untuk menahan tubuhnya.
  • Secara bertahap penggunaan pelampung sebaiknya dihentikan, dan digantikan dengan Ayah/Ibu untuk memeganginya.
  • Jangan sampai lepas dari pendampingan dan pengawasan orangtua, supaya keamanan sang bayi tetap terjaga.
  • Dan sebaiknya saat bayi berenang didampingi oleh kedua orangtuanya.

Lihat juga:

Jadi kelas renang untuk bayi harus atau tidak, menurut beberapa dokter bahwa mereka merekomendasikan untuk melakukannya, karena berenang bagi sang bayi bukan hanya untuk kesehatnnya saja tetapi sebagai rekreasi yang sangat menyenangkan pula.

Oleh Bayi Kecil Com

Berbagi informasi untuk bunda dan si bayi dikala waktu senggang dalam kesibukan dunia rumahan.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *