Kenali Penyebab Iritasi Kulit Pada Bayi Sejak Dini

Cara Mencegah dan Mengobati Iritasi Kulit Pada Bayi
Cara Mencegah dan Mengobati Iritasi Kulit Pada Bayi

BayiKecil.com – Bayi memang rentan mengalami iritasi kulit. Nah bagi kalian para orang tua lebih baik mencegah dari pada mengobati. Oleh karena itu kalian harus kenali penyebab iritasi kulit pada bayi. Kalian bisa simak di bawah ini mengenali penyebab iritasi pada bayi, yang disertai pula dengan cara mengatasi iritasi kulit pada bayi agar tidak sampai menjadi sumber penyakit yang bisa saja membahayakan kesehatan badan bayi itu sendiri maupun menular ke ibunya. Berikut Bayi Kecil Com tuliskan poin-poin penting penyebab dan cara mengatasi iritasi kulit bayi:

Cara Mencegah dan Mengobati Iritasi Kulit Pada Bayi
Iritasi kulit pada bayi

Penyebab Iritasi Kulit Pada Bayi

Iritasi kulit bisa disebabkan oleh beberapa macam hal, yaitu diantaranya :

  1. Penggunnaan popok yang terlalu lama tidak diganti. Adanya urin atau kotoran yang mengandung zat amonia. Serta daerah-daerah yang tertutupi oleh popok tersebut, akan mengakibatkan suhu ataupun kelembapan semakin meningkat. Sehingga akan lebih memudahan penyerapan bahan-bahan kimia iritan. Nah jadi jika popok jarang di ganti dan dilakukukan secara terus menerus. Maka hal ini merupakan salah satu penyebab terjadinya iritasi kulit pada bayi anda.
  2. Keringat yang sudah lama berdiam diri di daerah lipatan-lipatan tubuh, seperti lipatan paha, leher, siku, terutama pada bayi gemuk. Keringat yang terlalu lama ini akan mengakibatkan iritasi pada kulit bayi. Dan yang paling buruknya lagi akan muncul jamur, yang akan menggangu kenyamanan si bayi.
  3. Adanya riwayat Alergi dari keluarga. Misalnya karena pemakaian kosmetik sampo yang PH nya tinggi serta pemakaian minyak hangat .akan menybabkan muncunya sisik halus pada daerah kulit kepala, dada, punggung, dan perut.
  4. Terlalu sering menggunakan sabun bayi yang mengandung antiseptik. Maka si bayi akan mengalami iritasi pada kulitnya.
  5. Terlalu dini dalam memberikan susu formula pada bayi juga bisa menyebabkan iritasi pada sekitaran dubur.

Cara Mencegah dan Mengobati Iritasi Kulit Pada Bayi

  1. Gantilah popok bayi anda sesering mungkin. Jika sudah terlanjur iritasi sebaiknya untuk beberapa waktu jangan dulu memakai popok (pemper). Dan sebaiknya menggunakan popok kain yang mudah menyerap keringat.
  2. Pada daerah-daerah popok dibersihkan menggunakan handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat. Kemudian angin-anginkan supaya kering.
  3. Bila bayi anda terdapat kulit yang bersisik. Maka sebaiknya kulit tersebut di olesi oleh krim pelembab khusus bayi. Dan dilakukannya setelah dimandikan.
  4. Gunakanlah sabun khusus bayi. Dan hindarilah penggunaan bedak untuk sementara waktu.
  5. Gunakanlah baju yang lebih besar. Dan sebaiknya memakai baju yang berbahan katu. Karena bisa menyeram keringat dan tidak panas dipakai.
  6. Dan untuk penggunaan obat krim kulit. Sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter ahli kulit. Supaya krim yang digunakan aman dan nyaman bagi sibayi.
Lihat Juga:

Kenalilah penyebab iritasi kulit pada bayi. Lebih baik mencegah dari pada mengobati. Sekian semoga artikel ini bermanfaat bagi anda para orang tua.

Oleh Bayi Kecil Com

Berbagi informasi untuk bunda dan si bayi dikala waktu senggang dalam kesibukan dunia rumahan.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *