Makanan Pendamping ASI Usia 6 Bulan Sesuai Resep Dokter

Makanan Pendamping ASI Usia 6 Bulan sesuai Resep Dokter
Makanan Pendamping ASI

BayiKecil.comMakanan pendamping ASI usia 6 bulan. Bayi yang sudah menginjak umur 6 bulan. Para orang tua sudah bisa mulai pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) . Namun sebelum pemberian sebaiknya bayi anda diberi pengenalan dulu terhadap makanan pendamping asi.

Tahap Pengenalan Makanan Pendamping ASI Usia 6 Bulan

Tahap pengenalan MPASI ini. Bisa dimulai dengan cara mengenalkan satu jenis makanan dulu. kemudian coba anda perhatikan reaksi dari bayi anda. jika bayi anda menolak. Maka reaksi yang dikeluarkan si anak. Adalah dengan cara memuntahkannya. Kemudian anda coba dengan jenis makanan lain, seperti buah-buahan dan sayuran. Namun sebaiknya utamakan memberikan sayuran. Karena pada umumnya bayi tidak menyukai sayuran. Sehingga si bayi harus sedikit dipaksa dan dibiasakan mengonsumsi sayuran.

Makanan Pendamping ASI Usia 6 Bulan sesuai Resep Dokter
Makanan Pendamping ASI

Untuk MPASI untuk usia 6 bulan, sebaiknya makanan yang memiliki tekstur cair ataupun lembut. Tujuannya yaitu supaya bayi lebih mudah menelannya. dan yang paling utama makanan pendamping bayi harus memiliki beberapa kandungan seperti vitamin, protein, karbohidrat, lemak, dan nutrisi. Sehingga tumbuh kembang bayi berjalan dengan baik. Berikut dibawah ini beberapa menu makanan yang sering dijadikan makanan pendamping ASI untuk bayi usia 6 bulan.

Menu Makanan Pendamping ASI Untuk Usia 6 Bulan

  1. Pure pisang

Di dalam buah pisang mengandung nutrisi yang disebut dengan potasium, serta zat besi, dan calsium.

Membuatnya bisa dengan cara. Pisang dihaluskan menggunkan sendok. Atau untuk lebih cepat bisa menggunkan blender. Kemudian kasih ASI atau susu formula.

  1. Pure apel

Kandungan yang terdapat di dalam buah apel adalah potasium dan vitamin C.

Dengan cara buah di kupas, kemudian di potong beberapa bagian. Lalu buah yang sudah di potong-potong tersebut di kukus sekitar 5-10 mnt. Kemudian setelah dingin haluskan menggunakan blender. Buah hasil blenderan tersebut kemudian kasih susu ASI atau susu formula sampai mencapai kekentalan yang diinginkan.

  1. Pure nasi dan bayam

Nasi mengandung zat karbohidrat kemudian bayam mengandung vitamin A.

Cara membuatnya yaitu dengan cara pertama-tama. Masak beras sampe teksture nya seperti bubur. Kemudian pada pertenghan memasak nasi masukkan potongan –potongan bayam kedalam nasi tersebut. selain bayam, bubur nasi juga bisa dikomplikasikan dengan wortel, dan labu kuning.

  1. Pure ubi jalar

Ubi merupakan kedalam jenis umbi-umbi, seperti kentang, dan singkong. Ubi jalar ini memiliki kandungan karbohidrat.

Cara membuatnya dengan cara merebus ubi tersebut hingga teksturnya lunak. Kemudian haluskan, beri garam sedikit.

Baca juga: Bermacam Kondisi Mata Bayi Saat Baru Lahir

Demikian itulah beberapa makanan pendamping ASI untuk usia 6 bulan. Semoga artikel balita ini merupakan bacaan yang banyak memberikan informasi bermanfaat bagi anda.

By Bayi Kecil Com

Berbagi informasi untuk bunda dan si bayi dikala waktu senggang dalam kesibukan dunia rumahan.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *