Bunda, Ini Makanan Pertama Bayi Anjuran Dokter Anak

Makanan Pendamping ASI Pertama Bayi 6 Bulan
Makanan Pertama Bayi: Jus Buah

BayiKecil.com – Setelah melewati fase tertentu dengan pemberian ASI eksklusive yang baik bagi bayi, tak terasa bayi anda sudah mulai memasuki bulan ke 4 s.d 6 yang dimana sudah saatnya untuk memberi makanan pertama bayi selain ASI.

Pada usia bayi 4-6 bulan menurut bidang kedokteran bahwa pada usia ini bayi sudah mulai harus diberi makanan pertama bayi dengan maksud untuk memenuhi kecukupan gizi terhadap bayi. Bayi pada usia 4-6 bulan tidak hanya memerlukan ASI saja tetapi mereka pun memerlukan asupan makanan padat yang mudah dicerna oleh sistem pencernaannya.

Anda sebagai seorang ibu yang baik tentunya harus paham perihal makanan yang pertama untuk bayi, bahwa makanan apa saja yang dianjurkan dan yang tidak dianjurkan untuk bayi anda.

Bagaimana cara pengolahan dan penyajiannya agar mendapatkan hasil yang optimal bagi tumbuh kembangnya bayi. Tentu saja untuk menyajikan makan pertama untuk bayi tidak terlalu sulit untuk dibuat oleh anda sendiri.

Makanan Pendamping ASI Pertama Bayi 6 Bulan
Makanan Pertama Bayi: Jus Buah

Makanan Pertama Bayi yang Dianjurkan

  1. Bubur tepung beras atau tepung beras merah yang dimasak dengan menggunakan tambahan cairan kaldu dari daging atau sayuran atau bahkan dengan tambahan susu formula atau air saja juga bisa.
  2. Sayur-sayuran dan kacang-kacangan yang sudah direbus atau dikukus kemudian dipure dengan menggunakan blender dan ditambahkan sedikit air atau kaldu supaya lebih halus, misalnya: kacang merah, kacang hijau, wortel, bayam, brokoli, kentang, tomat, labu kuning dan sebagainya.
  3. Menurut beberapa pakar, saat lahir bayi sudah dibekali dengan mengenal rasa manis sementara rasa asin dan lainnya harus dipelajari. Jadi alangkah baiknya kenalkan dulu rasa sayuran yang hambar terhadap bayi kemudian baru kenalkan rasa buah yang manis.
  4. Buah-buahan yang telah dipure atau dilembutkan, misalnya: pisang, alpukat, pepaya, mangga yang manis, melon, apel dan lain-lain.
  5. Ikan tawar/laut dan daging pilihan, baik daging sapi ataupun daging ayam yang tidak berlemak kemudian di blender (tetapi pada umumnya kebanyakan orang mengenalkan daging sapi ataupun ayam kepada bayi apabila setelah menginjak usia 1 tahun, sedangkan untuk usia 4-6 bulan hanya diambil atau digunakan kaldunya saja).

Makanan Yang Tidak Dianjurkan untuk Makanan Pertama buat Bayi

  • Makanan yang mengandung protein gluten seperti tepung terigu, barley, biji gandum dan jenis makanan yang terbuat dari tepung terigu. Karena makanan ini akan membuat perut bayi kembung, mual dan diare.
  • Hindari penambahan gula, garam atau madu ke makanan bayi karena ketiga hal ini akan menyebabkan dampak yang tidak baik terhadap bayi kelak ketika sudah dewasa.
  • Buah-buahan dan sayuran yang mengandung gas. Seperti durian, kol, lobak dan lainnya.

Baca juga: Resep Makanan Bayi 1 Tahun Anjuran Ahli Gizi

Itulah beberapa tips makanan yang dianjurkan dan yang tidak dianjurkan bagi bayi yang mulai memasuki tahapnya.

Jangan sampai masa kritis pengenalan makanan pertama bayi terlewati, karena pada masa 6 bulan ini perlu belajar keterampilan mengunyah dan menelan. Jangan lupa yaa Bunda.

Oleh Bayi Kecil Com

Berbagi informasi untuk bunda dan si bayi dikala waktu senggang dalam kesibukan dunia rumahan.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *