Manfaat Pijat Bayi Baik Untuk Stimulasi Saraf Si Kecil

Manfaat Pijat Bayi Baik Untuk Stimulasi Saraf Si Kecil

BayiKecil.comManfaat pijat bayi baik untuk stimulasi saraf si kecil memang telah banyak diketahui oleh para orang tua. Dengan pijatan, proses pelapisan saraf bisa terbantu. Sehingga jika proses pelapisan saraf lancar, proses implus dari otak ke seluruh tubuh bisa lancar pula. Hal inilah yang bisa menyebabkan bayi bisa merasa nyaman. Tidur dengan nyenyak dan terlihat lebih sehat dan cerdas.

Manfaat pijat bayi baik untuk stimulasi saraf si kecil juga bisa dimanfaatkan bagi bayi yang lahir prematur. Salah satu kendala bayi yang lahir prematur adalah kurangnya berat badan dan rendahnya sistem imun tubuh. Dengan dibantu pijatan, reseptor pada saraf sensorik berusaha diaktifkan. Sehingga bisa merangsang meningkatnya kemampuan lambung dan meningkatkan kadar hormon kortisol. Hormon ini adalah hormon pemicu kadar stress pada bayi. Sehingga bayi akan merasa lebih tenang dan lebih nyaman.

Setelah kita mengetahui manfaat pijat bayi baik untuk stimulasi saraf si kecil, kita juga harus mengetahui bagaimana cara memijat yang baik.

Berikut ada beberapa langkah sederhana yang bisa ibu lakukan sendiri di rumah untuk memijat buah hatinya.

Yang pertama dilakukan adalah, buatlah mood bayi membaik terlebih dahulu. Kondisikan agar bayi rileks dan tidak tegang. Dengan cara diajak bermain, bercanda, menggoda, atau bahkan mengajaknya bermain. Setelah bayi merasa nyaman, tuangkan sedikit minyak atau baby oil ke tangan ibu. Lalu mulailah memijat dari bagian kaki.

Manfaat Pijat Bayi Baik Untuk Stimulasi Saraf Si Kecil
Pijat Kaki Bayi

Untuk memulai, sebenarnya bisa di bagian tubuh manapun. Namun lebih disarankan untuk memulai dari bagian kaki terlebih dahulu. Karena, bayi akan merasa lebih nyaman sebab telah terbiasa disentuh kakinya saat mengganti popok. Setelah kaki, bisa dilanjutkan ke bagian tubuh yang lainnya. Lakukan pijatan dengan lembut. Jangan memijat terlalu keras. Karena bayi akan terasa sakit dan tidak menikmati pijitan tersebut.

Kita bisa memberikan ungkapan rasa sayang dari pemijatan tersebut. Usahakan untuk memulai pijatan dari bagian tengah tubuh bayi, lalu ke bagian luar. Seperti dari punggung lalu area luar seperti tangan dan ke telapak tangan.

Ada beberapa gerakan yang bisa dilakukan. Yaitu gerakan memeras, gerakan tuas dan gerakan membelah. Untuk gerakan memeras, biasanya dilakukan dengan menggenggam lalu memerasnya dengan lembut. Biasanya dilakukan untuk bagian tangan dan kaki. Sedangkan untuk gerakan tuas, biasa dilakukan untuk bagian untuk bagian persendian kaki dan tangan. Dengan cara bayi terlentang lalu kakinya ditekuk secara perlahan.

Dan yang terakhir adalah gerakan membelah. Biasa dilakukan untuk memijat bagian perut, punggung, dan paha. Awalnya dilakukan dibagian tengah, lalu pijatan diarahkan melebar ke bagian luar. Demikian pembahasan mengenai manfaat pijat bayi baik untuk stimulasi saraf si kecil.

Baca juga: Melancarkan Peredaran Darah Bayi Dengan Pijat Sehat

Oleh Bayi Kecil Com

Berbagi informasi untuk bunda dan si bayi dikala waktu senggang dalam kesibukan dunia rumahan.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *