Memandikan Bayi Dengan Air Dingin Ini Akibat Buruknya

Bahaya Akibat Bayi Mandi Air Dingin Tidak Hangat

BayiKecil.com – Banyak ibu-ibu yang bertanya, apa dampak buruk memandikan bayi dengan air dingin? Dalam dunia kedokteran, sebenarnya tidak masalah jika ingin memandikan bayi dengan menggunakan air dingin. Tapi tunggulah bayi ketika telah berumur 6 bulan lebih. Alasannya sederhana. Karena sebelum bayi berumur 6 bulan, kulit perut bayi masih terbilang tipis untuk bisa menerima guyuran air dingin.

Tapi ada juga sebuah pendapat yang mengatakan bahwa memandikan bayi dengan air dingin sebenarnya tidak masalah jika ketahanan tubuh bayi bagus. Jadi, semua tergantung dari keadaan dan kesehatan bayi itu sendiri. Namun bagi ibu yang masih khawatir untuk memandikan bayinya dengan air dingin, sebaiknya jangan mengambil resiko jika bayi belum genap berumur 6 bulan.

Dampak Buruk Memandikan Bayi Dengan Air Dingin

Pertanyaan selanjutnya adalah apa dampak buruk jika bayi dipaksa untuk mandi dengan air dingin? Jawabannya adalah, jika bayi dipaksa untuk mandi dengan menggunakan air dingin ditakutkan terkena hipotermia. Akibatnya, jika bayi terkena hipotermia bayi akan kesulitan untuk mengembalikan suhu normalnya kembali. Ini adalah dampak dari mengguyur bayi dengan menggunakan air dingin.

Bahaya Akibat Bayi Mandi Air Dingin Tidak Hangat

Hal ini perlu diingat untuk para ibu yang tinggal di dataran tinggi yang dingin dan merawat bayinya di sana. Dengan suhu yang dingin, diharapkan untuk tidak sembarangan menggunakan air dingin untuk memandikan bayinya. Minimal gunakan air hangat kuku. Agar bayi tidak terkena hipotermia yang bisa berdampak pada kesulitan bayi untuk bernafas. Terutama bagi bayi yang lahir dengan kondisi prematur.

Alasan Lain Mengapa Tidak Diperbolehkan Memandikan Bayi Dengan Air Dingin

Alasan lain mengapa bayi harus mandi menggunakan air hangat adalah, secara psikologi, air hangat akan memberikan dampak menghangatkan dan memberikan rasa aman pada bayi. Sehingga bayi akan merasa tenang setelah dimandikan. Selain itu, rasa hangat akan merangsang motorik bayi dan melancarkan peredaran darahnya serta memberi kekebalan pada tubuh bayi.

Maka dari itu sebisa mungkin gunakan air panas untuk sekitar 28 hingga 30 derajat untuk memandikan bayi. Bagi ibu yang belum berpengalaman dalam memandikan bayi, ikuti beberapa langkah berikut in:

Siapkan air hangat dalam ember terlebih dahulu. Lalu bersihkan bagian kepala dengan cara membersihkan dengan sampo. Hati-hati agar busa sampo tidak sampai mengenai mata bayi.

Lihat Juga: Cara Pijat Bayi untuk Meringankan Sakit Tumbuh Gigi

Setelah itu baru membersihkan bagian bawah. Mulai dari bagian perut, alat kelamin hingga pada bagian kaki. Lakukan semuanya dengan hati-hati. Jangan terlalu keras saat menggosok kulit bayi. Karena kulit bayi masih lembut dan rawan akan goresan. Setelah itu, gunakan waslap untuk membilas tubuh bayi. Demikian pembahasan mengenai dampak buruk memandikan bayi dengan air dingin. Semoga artikel bayi kali ini bermanfaat untuk bunda semua 😉

Oleh Bayi Kecil Com

Berbagi informasi untuk bunda dan si bayi dikala waktu senggang dalam kesibukan dunia rumahan.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *