Bahaya Memandikan Bayi Saat Demam Badan Panas

Bahaya Memandikan Bayi Saat Demam Badan Panas

BayiKecil.com – Apakah diperbolehkan memandikan bayi saat demam? Mungkin ini adalah salah satu pertanyaan ibu muda yang baru saja mendapat pengalaman pertama kali menjadi ibu. Bagi orang dewasa, menurunkan panas dengan cara dikompres menggunakan air dingin atau air es adalah salah satu cara yang ampuh. Namun ternyata tidak bagi bayi yang baru saja dilahirkan. Simaklah artikel balita yang bermanfaat ini!

Memandikan bayi saat demam akan menjadikan masalah pada bayi tidaklah sepenuhnya benar. Juga tidak sepenuhnya salah. Semua tergantung dari ketahanan tubuh bayi. Karena ketahanan tubuh bayi antara satu bayi dengan bayi lainnya tidaklah sama.

Memandikan Bayi Saat Demam? Ini Bahayanya!

Bahaya Memandikan Bayi Saat Demam Badan Panas

Bagaimana Cara Memandikan Bayi Saat Demam?

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana jika anak kita menderita demam? Bolehkan dimandikan? Jika boleh, bagaimana caranya? Jika tidak boleh, bagaimana cara membersihkan tubuhnya? Ini mungkin akan menjadi pertanyaan lazim yang sering ditanyakan oleh para orang tua terutama ibu.

Jika anak kita menderita demam, sebenarnya boleh-boleh saja memandikannya. Dengan catatan air yang digunakan adalah air hangat. Bukan air dingin. Kenapa? Pada dasarnya, tujuan memandikan bayi adalah untuk membersihkan tubuh bayi dari kotoran. Jika memandikannya dengan air hangat, sama saja memberikan kompres yang akan menenangkan dan memberinya rasa nyaman. Namun jika memandikannya dengan menggunakan air dingin, ditakutkan akan terjadi penurunan suhu yang mendadak. Penurunan suhu yang mendadak ini bisa jadi akan menjadi permasalahan keehatan bayi yang lebih serius. Seperti masalah hipotermia dan lain sebagainya.

Bagaimana Cara Lain Memandikan Bayi Saat Demam?

Ada cara lain yang bisa dilakukan untuk membersihkan tubuh bayi selain mandi. Yaitu dengan cara memasukkan kain bersih atau washlap dalam air hangat, kemudian di peras dan kain tersebut digunakan untuk membersihkan tubuh bayi. Cara ini juga sama saja dengan mengompres bayi. Hanya dengan sedikit catatan, tetap gunakan air hangat. Jangan menggunakan air dingin. Karena jika menggunakan air dingin ditakutkan akan terjadi perubahan suhu yang mendadak.

Baca juga: Akibat Buruk Memandikan Bayi Dengan Air Dingin

Sebaiknya ibu tidak perlu khawatir jika si kecil mengalami demam. Karena demam sesungguhnya adalah salah satu usaha yang dilakukan oleh tubuh agar kuman penyakit tidak berkembang lebih banyak. Selain itu, demam juga akan memaksa tubuh untuk mengeluarkan anti bodi yang selama ini bersembunyi. Oleh sebab itu, cara yang paling baik untuk membersihkan tubuh bayi saat demam adalah dengan cara membasuhnya dengan menggunakan air hangat. Jangan menggunakan air dingin.

Lihat Juga: Cara Memandikan Bayi yang Baru Lahir

Namun jika dari hari ke hari demamnya tidak turun juga, atau malah semakin meningkat, sebaiknya jangan hanya berdiam diri di rumah. Segera hubungi dokter spesialis anak terdekat untuk memeriksakan. Adakah penyakit serius yang sedang dialami oleh bayi kita? Itulah sedikit pembahasan mengenai memandikan bayi saat demam.

Oleh Bayi Kecil Com

Berbagi informasi untuk bunda dan si bayi dikala waktu senggang dalam kesibukan dunia rumahan.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *