5 Hal Penting Memilih Tempat Tidur Yang Tepat Untuk Bayi

5 Hal Penting Memilih Tempat Tidur Yang Tepat Untuk Bayi

BayiKecil.com – Untuk anda yang masih kesulitan memilih tempat tidur yang tepat untuk bayi, jangan khawatir ada berbagai pilihan tentu tidak perlu mahal namun 5 hal penting berikut wajib terpenuhi agar terjamin keamanan dan kenyamanan bagi sang bayi.

Tempat tidur balita yang umumnya berupa kasur kecil dan bantal-bantal mungil sangatlah vital bagi bayi. Pasalnya, tempat tidur untuk bayi merupakan tempat terlama untuk bayi beristirahat, sehingga diperlukan bahan dan model yang nyaman untuk tubuh bayi selama tidur di atasnya.

5 Hal Penting Memilih Tempat Tidur Yang Tepat Untuk Bayi

5 Hal Penting Memilih Tempat Tidur Yang Tepat Untuk Bayi

1. Material / Bahan Dasar

Memilih tempat tidur yang tepat untuk bayi tentunya harus terbuat dari material yang aman dan tidak berbahaya bagi bayi. Saat ini banyak sekali tempat tidur yang terbuat dari beragam material, seperti besi, stainless, kayu, rotan dan lainnya. Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan, disarankan agar menggunakan material stainless, lebih aman karena tidak berkarat dan tidak cepat lapuk. Kemudian pastikan agar ukuran tempat tidur sesuai dan pas dengan ukuran bayi.

Baca juga: Tips Memilih Baju Bayi Baru Lahir yang Nyaman

2. Keamanan

Memperhatikan keamanan, langkah jitu memilih tempat tidur yang tepat untuk bayi. Hal ini dikarenakan banyaknya ragam bentuk tempat tidur, mulai dari ukiran, hiasan, pintu dan kaki tempat tidur. Bayi, meski kecil dan menggemaskan namun ia sangat aktif terhadap gerakan. Blog Bayi Kecil Com menyarankan, pilihlah ukiran dan hiasan yang aman dan tidak mudah lepas atau menjepit bayi, kemudian apabila terdapat pintu, pastikan tidak mudah terbuka atau lepas ketika didorong sang bayi. Apabila kaki tempat tidur memiliki roda, pastikan roda dapat terkunci agar tidak gampang tergeser ketika bayi bergerak. Bayi senang memanjat tempat tidur, usahakan agar kaki ranjang tidak terlalu tinggi dari lantai.

3. Kasur

Selanjutnya, memilih tempat tidur yang tepat untuk bayi ialah dari kualitas kasur. Pastikan kasur pas dengan ukuran tempat tidur, tidak terlalu empuk atau terlalu keras, karena kasur sangat berpengaruh pada pertumbuhan tulang belakang bayi. Pilih pula bantal, selimut, seprai dengan bahan yang aman dan menyerap keringat. Bila perlu lapisi atas kasur dengan perlak atau karpet untuk menahan ompol bayi agar tidak mudah basah ke kasur dan mudah dijemur.

Baca Juga: Daftar Belanjaan Perlengkapan Bayi Yang Wajib Saja

4. Kelambu

Memilih tempat tidur yang tepat untuk bayi tidak lengkap tanpa kelambu. Banyak sekali binatang berbahaya yang dapat hinggap mengganggu bayi, seperti lalat dan nyamuk. Dengan kelambu, bayi akan aman. Jangan gunakan lotion anti nyamuk karena berbahaya bagi kulit bayi yang sangat tipis.

5. Ruangan

Memilih tempat tidur yang tepat untuk bayi yang terakhir ialah ruangannya. Pastikan ruangan terdapat pertukaran sirkulasi udara yang baik, suhu tidak terlalu panas dan dingin. Dan tentunya ruangan tersebut mempunyai space yang cukup untuk menampung tempat tidur bayi.

Lihat Juga:

Sudahkah anda memilih tempat tidur yang tepat untuk bayi anda?

Oleh Bayi Kecil Com

Berbagi informasi untuk bunda dan si bayi dikala waktu senggang dalam kesibukan dunia rumahan.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *