Mencret Pada Bayi Baru Lahir Kenapa & Harus Bagaimana?

Penyebab Mencret Bayi dan Cara Mengatasi Menceret Anak
Mencret Pada Bayi

BayiKecil.com – Setiap bunda, pasti sangat panik saat melihat mencret pada bayi baru lahir. Kenapa dan harus bagaimana mengatasi, menjadi kekhawatiran yang lumrah.

Terutama bagi bunda yang baru merasakan indahnya menjadi ibu, sangat terpukul melihat ini. Kini, bunda tak perlu gelisah artikel balita kali ini akan berbagi tips untuk mencret pada bayi baru lahir, sehingga bunda tidak perlu panikan lagi yaa.

Mencret pada bayi baru lahir kenapa dan harus bagaimana?

Mencret pada bayi baru lahir disebabkan berbagai faktor, besar kemungkinan dikarenakan infeksi akibat virus dan bakteri.

Mengingat sistem kekebalan tubuh bayi belum dapat beradaptasi dengan cepat terhadap lingkungan, oleh karena itu menjaga kebersihan dan ke steril-an area di sekitar bayi menjadi sangat wajib.

Jauhkan bayi anda dari sentuhan benda-benda yang mudah terhinggapi bakteri seperti mainan dan lainnya.

Dan selalu pastikan kebersihan sebelum bunda memberikan ASI kepada buah hati. Seperti mencuci tangan, dan membersihkan area payudara dengan air hangat.

Penyebab Mencret Pada Bayi Baru Lahir Kenapa dan Cara Mengatasi Menceret Anak
Mencret Pada Bayi

Selain itu, mencret pada bayi baru lahir dapat pula disebabkan akibat penggunaan antibiotik dan alergi terhadap makanan tertentu.

Untuk itu, bagi para ibu diharapkan lebih berhati-hati lagi mengkonsumsi obat dan makanan. Karena setiap apapun yang bunda konsumsi akan mengalir pada si bayi melalui ASI. Pastikan sebelum bunda memakannya telah dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter, agar tidak terjadi alergi atau reaksi yang tidak diinginkan.

Kembung atau masuk angin bisa pula mengakibatkan mencret pada bayi baru lahir. Hal ini terjadi karena bayi menghirup udara terlalu banyak saat menghisap ASI, ataupun perubahan cuaca.

Untuk mengatasinya jaga kehangatan tubuh bayi dengan mengoleskan minyak telon atau minyak kayu putih di sekitar perut bayi. Kemudian pijat-pijat lembut area pundak hingga kaki. Anda dapat pula mengompres bagian kening dan ketiak apabila bayi mengalami demam.

Cara mengetahui mencret pada bayi baru lahir berbahaya atau tidak, bunda dapat lihat dari perbedaan warna fesesnya. Karena biasanya frekuensi buang air besar pada bayi, adalah normal.

Apabila ada perubahan warna atau bentuk, segera bunda lakukan pertolongan pertama yakni dengan menjaga suplai ASI agar bayi tidak dehidrasi. Kemudian bunda juga dapat mengkonsumsi oralit meskipun bunda tidak diare, karena oralit tersebut akan mengalir melalui ASI sehingga lebih aman dibandingkan memberi oralit langsung terhadap bayi.

Baca juga: Bayi Bunda Sering Mengulet? Cari tau kenapa yuk!

Apabila mencret pada bayi baru lahir belum ada perubahan signifikan lebih dari 2 hari, segera bawa bayi anda ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Yang terpenting bunda jangan panik, karena mencret pada bayi baru lahir kenapa sering terjadi. Kenapa dan harus bagaimana mengatasinya kini bunda sudah tahu jawabannya. Semoga bermanfaat 😉

Oleh Bayi Kecil Com

Berbagi informasi untuk bunda dan si bayi dikala waktu senggang dalam kesibukan dunia rumahan.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *