Pentingnya Mengamati Perkembangan Bayi Sehat

Ciri Bayi Sehat
Bayi Sehat

BayiKecil.comMengamati perkembangan bayi sehat, bayi merupakan makhluk kecil yang sangat imut dan sangat berharga dibandingkan dengan apapun yang dimiliki oleh seorang ibu. Oleh karena itu, setiap perkembangan bayi ibu sangat ingin untuk mengetahuinya. Karena dengan mengamati perkembangan bayi sehat merupakan cara yang akan dapat berjalan dengan cepat mulai dari lahir, telungkup, merangkak, duduk, dan berdiri.

Perkembangan bayi memang sangat penting untuk diikuti oleh sang ibu, karena dari situlah ibu akan mengetahui tumbuh kembang sang bayi dan untuk mengerti apa yang seharusnya diberikan untuk menunjang tumbuh kembangnya.

Oleh karena itu sangat penting bagi orangtua untuk mengamati perkembangan bayi sehat dan mengamati tingkah laku sang bayi. Untuk mendapatkan tumbuh kembang bayi yang optimal tentu saja ibu harus memulainya ketika bayi sedang dalam kandungan.

Ciri-ciri Bayi Sehat

Ciri Bayi Sehat
Bayi Sehat
  • Berat badan bayi bertamabah dan bayi buang air kecil 8-10 kali perhari. Berapapun jumlah ASI yang bayi minum, bayi yang sehat tetap akan buang air kecil sebanyak 8-10 kali perhari sebagai tanda bahwa dia mendapatkan ASI yang cukup, sedangkan pertumbuhan berat badan akan sesuai dengan usia tahapan yang normal
  • Bayi tenang saat terjaga, pada umumnya di minggu awal setelah kelahirannya aktivitas bayi memang hanya terbatas pada menyusui. Setelah bayi berumur 1 bulan, bayi akan terjaga lebih lama dan dia memiliki waktu untuk memperhatikan dan mempelajari dunia di sekitarnya.
  • Bayi menoleh ke arah sumber suara, hal ini menunjukkan bahwa kemampuan mendengar bayi terus berkembang dan ia ingin mengenal suara yang didengarnya.
  • Bayi memperhatikan pola, warna, dan pergerakan, hal ini menunjukkan berkembang-nya kemampuan melihat sang bayi. Saat bayi berumur 2 bulan, bayi mulai bisa memperhatikan pola warna yang kontras serta benda yang berputar.
  • Bayi berinteraksi dengan orang lain di sekitarnya, bayi menggunakan bahasa tubuh seperti kontak mata dan ekspresi wajah untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain, walaupun dia belum bisa berbicara.
  • Bayi bisa mengangkat kepalanya pada umur 3 bulan, biasanya pada bayi umumnya mereka sudah mampu mengangkat kepalanya saat bayi berada dalam posisi tengkurap ataupun saat berada dalam gendongan ibu. Hal ini menjadi tanda bahwa ototnya semakin kuat untuk menopang kepalanya.

Amati terus perkembangan sang bayi sejak dini dan teruslah berinteraksi dengan sang bayi. Dan pastikan bahwa tidak ada seorangpun yang mengenal dengan baik pada bayi anda selain anda sebagai ibunya sendiri.

Baca juga: Apa penyebab kulit bayi KERING? Bagaimana cara mengatasinya?

Pada akhirnya ciri-ciri bayi sehat di atas bisa anda jadikan sebagai acuan atau pedoman bagi seorang ibu mengingat akan pentingnya untuk memperhatikan dan mengamati perkembangan bayi sehat atau tidak, dan tentunya cukupi juga gizinya dengan baik. Semoga bermanfaat 🙂

Oleh Bayi Kecil Com

Berbagi informasi untuk bunda dan si bayi dikala waktu senggang dalam kesibukan dunia rumahan.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *