Bolehkah Mengatasi Gatal Pada Kulit Bayi Dengan Pelembap?

mengatasi gatal pada kulit bayi dengan pelembab
Gatal pada Kulit Bayi

BayiKecil.com – Gatal pada kulit bayi memang relatif umum dan umumnya terjadi pada setiap bayi, itu dikarenakan kulit bayi yang masih tipis dan sensitif yang rentan terhadap iritasi, namun apakah boleh mengatasi gatal pada kulit bayi dengan pelembap?

Boleh-boleh saja, tetapi pelembab pada kulit bayi yang digunakan tidak bisa pelembab yang sembarangan, dan mengoleskan lotion pelembap-pun tidak bisa sembarangan.

Kulit bayi yang masih rentan akan iritasi, sehingga menyebabkan bayi mudah gatal-gatal, gatal pada kulit bayi bisa saja disebabkan oleh beberapa hal seperti reaksi alergi terhadap sabun ataupun pakaian bayi, alergi makanan, ataupun gigitan serangga.

mengatasi gatal pada kulit bayi dengan pelembab
Gatal pada Kulit Bayi

Menjaga kelembapan kulit bayi merupakan hal yang sangat penting, untuk itu segeralah ibu mencegah dan mengatasi gatal pada kulit bayi dengan pelembap. Sebelum gatal pada kulit bayi anda bertambah parah,alangkah baiknya anda sebagai seorang ibu lebih cekatan untuk mencegah ataupun mengatasinya.

Langkah Untuk Mengatasi Gatal Pada Kulit Bayi Dengan Pelembap

  • Mandikan si kecil dengan air dingin atau dengan air hangat suam-suam kuku. Gunakan sabun yang lembut. Jangan menggunakan air yang terlalu panas atau sabun dan sampo yang terlalu keras karena akan membuat kulit kering sehingga akan menjadi semakin gatal.
  • Keringkan kulit bayi dengan handuk dan tepuk-tepuk kulitnya dengan cara yang lembut. Jangan menggosok kulitnya terlalu keras karena dapat menyebabkan iritasi, kulit kering, dan gatal.
  • Segera oleskan losion atau pelembap pada bayi segera setelah mandi agar kelembapan kulitnya terjaga.
  • Kenakan pakaian yang longgar, halus, dan menyerap keringat. Hindari pakaian yang berbahan wol.
  • Potong kuku bayi secara rutin agar kukunya tidak terlalu panjang dan kulitnya tidak menjadi lecet saat digaruk.
  • Bila gatal bayi muncul secara tiba-tiba tanpa penyebab yang jelas dan disertai dengan gejala lain yang mengkhawatirkan, segeralah konsultasikan dengan dokter anak.

Tips Menjaga Kelembapan pada Kulit Bayi

  • Krim pelembap sebaiknya dioleskan paling tidak 2 kali sehari. Krim harus dioleskan walaupun kulit bayi tidak tampak gatal.
  • Oleskan krim pada kulit bayi dengan lembut searah dengan tumbuhnya bulu halus pada kulit bayi.
  • Oleskan krim pada kulit bayi apabila kulit sudah terlihat gatal serta kemerahan dan segera setelah mandi untuk mengunci kelembapan kulit bayi.
  • Bawalah selalu krim kulit bayi apabila akan bepergian.
  • Tetaplah rawat kulit bayi sekalipun kulit yang gatal sudah terlihat sembuh, karena area yang gatal masih rentan kambuh lagi selama beberapa minggu setelah proses penyembuhan.

Baca juga: Tips Membeli Baju Bayi Online Yang Bagus

Jadi di sini para ibu tak usah khawatir karena ternyata mengatasi gatal pada kulit bayi dengan pelembap itu ternyata boleh dan tidak apa-pa, tetapi harus di perhatikan juga pelembap yang digunakan jangan asal sembarangan menggunakan dan mengoleskannya pada kulit bayi anda. Anda sebagai ibu harus tetap berhati-hati. Semoga bermanfaat.

By Bayi Kecil Com

Berbagi informasi untuk bunda dan si bayi dikala waktu senggang dalam kesibukan dunia rumahan.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *