Sebaiknya Ibu Tahu Mengenai Alergi Susu Sapi Pada Bayi

mengenal alergi susu sapi pada bayi

BayiKecil.com – Seorang ibu yang mempunyai balita perlu mengenal alergi susu sapi pada bayi. Jangan sepelekan masalah alergi bayi terhadap susu sapi. Karena alergi adalah sebuah masalah pada kesehatan yang bisa berdampak gangguan pada semua organ bayi. Terutama pada gangguan otak. Karena efek dari gangguan otak pada bayi bisa menyebabkan gangguan konsentrasi, keterlambatan jalan dan berbicara, autisme dan lain sebagainya.

Untuk menghindari hal-hal di atas, maka sebaiknya seorang ibu harus mengenal alergi susu sapi pada bayi. Apa yang menjadi penyebab, bagaimana timbul gejalanya dan bagaimana menanganinya jika ternyata buah hatinya mengalami alergi susu bayi…?

Mengenal Alergi Susu Sapi Pada Bayi Mengenai Gejalanya

mengenal alergi susu sapi pada bayi

Bagi ibu yang bayinya mengkonsumsi susu formula, terutama susu sapi, perhatikan beberapa gejala berikut ini. Jika ini terjadi pada bayi kita, sebaiknya konsultasikan ke dokter atau hentikan sementara mengkonsumsi susu formula yang terbuat dari susu sapi. Adapun beberapa gejalanya sebagai berikut:

  1. Timbulnya ruam atau bercak merah pada kulit
  2. Gerakan bayi terlihat gelisah, atau sering menangis yang sulit dihentikan
  3. Mengalami muntah setelah mengkonsumsi susu formula
  4. Fases yang dikeluarkan terlihat cair dan sesekali mengandung darah.

Gejala tersebut di atas akan timbul setelah bayi mengkonsumsi susu sapi formula. Namun ada juga beberapa bayi yang baru kelihatan mengalami beberapa gejala di atas setelah 7 hari sesudahnya.

Mengenal Alergi Susu Sapi Pada Bayi Mengenai Penyebabnya

Salah satu penyebab kenapa bayi alergi terhadap susu sapi adalah berkaitan dengan sistem imunnya. Ada kesalahan oleh sistem imun tubuh ketika merespon protein dari sapi. Sistem imun tersebut mengira bahwa protein susu sapi adalah sebangsa virus yang harus dibasmi agar tidak membahayakan bagi tubuh bayi.

Baca juga: 5 Imunisasi Wajib Bagi Semua Bayi

Bayi yang sejak kecil mengkonsumsi ASI eksklusif beresiko lebih rendah terkena alergi susu sapi daripada yang sejak kecil tidak mengkonsumsi ASI eksklusif. Namun alergi ini tidak berlangsung lama. Akan hilang dengan sendirinya ketika bayi telah berumur 3-5 tahun.

Mengenal Alergi Susu Sapi Pada Bayi Mengenai Cara Mengatasinya

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi bayi yang alergi terhadap susu sapi. Jika bayi mengkonsumsi ASI eksklusif, sebaiknya si ibu tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung unsur protein dari sapi. Karena apapun yang dikonsumsi oleh ibu juga akan dikonsumsi oleh bayi melalui ASI yang diberikan.

Sedangkan jika bayi mengkonsumsi susu formula, gantilah susu sapi formula dengan susu formula yang terbuat dari protein kedelai.

Lihat Juga:

Itulah beberapa informasi untuk mengenal alergi susu sapi pada bayi. Harapannya ibu akan lebih mengerti bagaimana menangani jika bayinya timbul gejala-gejala yang mengarah pada indikasi tersebut.

Oleh Bayi Kecil Com

Berbagi informasi untuk bunda dan si bayi dikala waktu senggang dalam kesibukan dunia rumahan.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *