Mengenal Flouride Dalam Pasta Gigi Bayi Dan Manfaatnya

Mengenal Flouride Dalam Pasta Gigi Bayi Dan Manfaatnya

BayiKecil.comMengenal flouride dalam pasta gigi bayi dan manfaatnya, kebiasaan menyikat gigi sejak dini adalah dasar dari perawatan gigi pada bayi. Salah satu hal yang disarankan saat menyikat gigi adalah dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung flouride. Tapi sebenarnya apa sih manfaat flouride itu sendiri bagi gigi bayi atau anak? Flouride pertama kali digunakan untuk mencegah gigi berlubang pada gigi yaitu sejak pada tahun 1940.

Flouride adalah elemen alami yang ditemukan pada air dan udara, elemen ini diperlukan untuk mencegah gigi rusak dan berlubang. Untuk mengenal flouride dalam pasta gigi bayi penelitian menunjukkan bahwa pasta gigi yang berflouride dijadikan sebagai bahan tambahan pada pasta gigi bayi ataupun pasta gigi orang dewasa dan bertujuan untuk mengurangi masalah gigi terutama gigi berlubang pada anak hingga 15-30%.

Manfaat Flouride Dalam Pasta Gigi Bayi

Mengenal Flouride Dalam Pasta Gigi Bayi Dan Manfaatnya

  • Flouride bermanfaat untuk mengurangi masalah pada gigi, terutama gigi berlubang pada anak hingga mencapai 15 s.d 30%.
  • Flouride bermanfaat untuk mencegah enzim yang memproduksi asam dan mengembangbiakkan bakteri mulut yang akan merusak enamel gigi.
  • Flouride bermanfaat juga sebagai pengikat ion kalsium supaya memperkuat enamel gigi khususnya pada masa-masa usia pertumbuhan anak.
  • Bermanfaat juga untuk pertumbuhan gigi permanen dengan cara membantu mempercepat proses remineralisasi.
  • Ketika kita menyikat gigi dengan menggunakan pasta gigi yang berflouride maka gigi akan menyerap flouride tersebut. Selain itu, flouride juga bermanfaat untuk menghilangakan plak yang mengandung bakteri di gigi. Seperti yang kita ketahui bahwa bakteri akan menghasilkan zat asam yang bisa merusak gigi.
  • Pada dasarnya penambahan flouride pada pasta gigi bertujuan untuk mengembalikan mineral di gigi yang hilang akibat asam yang berasal dari plak bakteri dan gula.

Bahaya Flouride Dalam Pasta Gigi

  • Flouride pada dasarnya memang aman, tetapi jika dipakai secara berlebihan maka akan bisa menyebabkan warna kecokelatan pada gigi yang disebut juga fluorosis. Kondisi ini pada umumnya terjadi pada saat gigi tetap baru muncul.
  • Jika flouride digunakan dengan tanpa hati-hati yaitu digunakan dalam kadar yang tinggi, flouride akan menyebabkan fluorosis. Gejala awalnya gigi berubah warna dari warna putih menjadi kuning, kemudian menjadi kecokelatan, hingga akhirnya lama kelamaan akan berubah jadi warna hitam. Flourosis bisa berujung pada masalah kesehatan lain yang lebih serius.
  • Apabila flouride tertelan maka akan membahayakan juga.

Baca juga: Apa Manfaat Lidah Buaya Bagi Rambut dan Kulit Kepala Bayi?

Karena itu untuk lebih mengetahui apa manfaat yang diperoleh dan bahayanya bagi bayi anda dari penggunaan flouride, maka sebaiknya anda terlebih dahulu harus mengenal flouride dalam pasta gigi bayi dan jangan sampai anda menggunakan pada bayi anda dalam kadar yang tinggi. Semoga bermanfaat 😉

By Bayi Kecil Com

Berbagi informasi untuk bunda dan si bayi dikala waktu senggang dalam kesibukan dunia rumahan.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *