Mengenal Masalah Kulit Bayi Baru Lahir Yang Harus Ibu Tahu

Masalah Kulit Bayi Baru Lahir

BayiKecil.comMengenal masalah kulit bayi baru lahir yang harus ibu tahu bahwa kulit bayi yang baru lahir memang berbeda dengan kulit orang dewasa pada umumnya. Karena itu perawatannya jelas berbeda dengan masalah kulit pada orang dewasa. Saat lahir kulit bayi tampak tipis dan rapuh, sehingga kebanyakan para ibu tidak yakin bagaimana cara terbaik untuk merawat kulit pada bayi.

Seiring dengan bertambahnya usia, daya tahan tubuh bayi akan membaik, sehingga masalah kulit pada bayi nantinya akan dapat hilang dengan sendirinya. Tetapi bagi anda seorang ibu bukan berarti boleh meremehkan masalah tersebut, karena Mengenal masalah kulit bayi baru lahir itu merupakan salah satu yang harus ibu tahu supaya ibu tetap dapat menjaga kesehatan dan kemulusan pada kulit bayi anda.

Mengenal masalah kulit bayi baru lahir Antara Kulit Yang Normal Dengan Berbahaya

Masalah Kulit Bayi Baru Lahir

  1. Kulit bayi yang baru lahir terlihat berbeda karena kulitnya masih menyesuaikan diri dengan kehidupan yang biasanya di dalam kandungan dan yang hingga akhirnya berada di luar kandungan seorang ibu. Sebagian besar masalah kulit akan hilang dengan berjalannya waktu dan bertambahnya usia bayi. Misalnya, bayi yang terlahir premature biasanya memiliki rambut halus di wajah dan di punggungnya, sedangkan bayi yang terlahir agak terlambat biasnya memiliki kulit yang mengering dan sedikit terlihat mengelupas. Tetapi anda jangan terlalu cemas karena masalah seperti ini akan hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa minggu.
  2. Kulit bayi baik bayi yang baru lahir ataupun bayi yang sudah beberapa bulan, biasanya mempunyai kulit yang lebih sensitif. Oleh karena itu gunakanlah produk bayi yang di khususkan untuk merawat kulit bayi.
  3. Bayi yang baru lahir memungkinkan memiliki ruam atau bintik-bintik merah. Bintik atau bercak merah ini disebabkan oleh pembuluh darah yang belum dewasa yang umumnya akan menghilang dalam jangka waktu 1 tahun.
  4. Kulit bayi yang baru lahir biasanya akan lebih rentan mengalami ruam pada kulitnya, itu merupakan suatu hal yang wajar yang terjadi pada kulit bayi pada umumnya jadi jangan terlalu dicemaskan. Tetapi lain lagi apabila ruam yang dialami pada kulit bayi mulai tampak gatal, melepuh, mengelurakan nanah, dan bayi mengalami bintik merah atau keunguan hingga seluruh tubuhnya dan disertai demam, maka sebaiknya anda konsultasikan masalah tersebut dengan dokter anak sebelum masalahnya bertambah semakin parah.

Baca juga: Cara Efektik untuk Menstimulasi Panca Indera Bayi

Banyak hal yang harus ibu tahu pada masalah yang dialami bayi saat baru lahir. Salah satunya yaitu mengenal masalah kulit bayi baru lahir yang harus ibu tahu dan dari penjelasan di atas sudah di jelaskan beberapa poin untuk mengenal masalah kulit bayi baru lahir. Semoga bermanfaat!

Oleh Bayi Kecil Com

Berbagi informasi untuk bunda dan si bayi dikala waktu senggang dalam kesibukan dunia rumahan.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *