Menunda Imunisasi Bayi Bolehkah?

Menunda Imunisasi Bayi Bolehkah

BayiKecil.comMenunda imunisasi bayi bolehkah? Mungkin pertanyaan tersebut sering menghantui benak para ibu yang mempunyai seorang bayi. Banyak alasan mengapa para ibu terlalu menyepelekan masalah vaksinasi untuk bayinya. Bahkan ada banyak ibu yang justru tidak memberikan vaksin wajib bagi anaknya. Banyak alasan. Selain menganggap tidak terlalu penting, ada juga yang beranggapan bahwa vaksin justru akan merusak kesehatan sang anak.

Menunda imunisasi bayi bolehkan? Jawabannya “boleh-boleh saja”. Bahkan tidak melakukan vaksinasi juga tidak masalah. Karena meski diwajibkan, tidak ada undang-undang yang menjatuhkan hukuman bagi para orang tua yang menunda atau bahkan tidak memberikan vaksin pada bayinya sebagaimana mestinya. Orang tua berhak menentukan nasib kesehatan anaknya sendiri. Namun, sebelum kita berfikir ke arah tersebut, sebaiknya ketahuilah hal-hal berikut ini.

Menunda Imunisasi Bayi Bolehkah Jika Bayi Terlihat Sehat-Sehat Saja?

Mungkin ada sebuah pembelaan “bayi saya sehat-sehat saja. Tidak sakit. Kenapa harus diberikan imunisasi?”. Ini pertanyaan wajar. Dan mestinya perlu dijawab dengan logika sederhana. Maksud dari pemberian vaksin atau imunisasi adalah untuk mencegah agar bayi tidak terjangkit beberapa virus dari luar. Pemberian vaksin adalah tindakan pencegahan. Tindakan preventif.

Jadi, sekalipun bayi terlihat sehat bukan berarti tidak perlu diberikan vaksin atau imunisasi. Justru ketika bayi sehat inilah waktu yang paling tepat untuk imunisasi. Untuk menjaga-jaga agar tidak terserang beberapa penyakit fatal yang nantinya akan menyulitkan orang tua juga.

Menunda Imunisasi Bayi Bolehkah Jika Bayi Sakit-Sakitan?

Ini juga pertanyaan wajar. Tidak semua bayi terlahir didunia dengan keadaan sehat dan sempurna. Ada sebagian orang tua yang harus berjuang agar bayi nya tetap sehat sejak dilahirkan. Karena setelah dilahirkan, bayi sering terkena sakit ringan seperti demam dan sebagainya.

Menunda Imunisasi Bayi Bolehkah

Pada saat seperti inilah biasanya pemberian imunisasi bisa ditunda. Jadi, kapan imunisasi bisa ditunda? Ketika seharusnya bayi mendapatkan imunisasi ternyata bayi sedang mengalami sakit berat atau demam tinggi. Selain itu, bayi yang mengalami reaksi alergi yang berat juga sebaiknya menunda memberikan vaksinasi. Bayi yang mengalami gangguan sistem kekebalan tubuh akibat penyakit HIV dan lainnya juga sebaiknya menunda memberikan imunisasi.

Nah, itulah beberapa hal yang diperbolehkan untuk menunda vaksinasi. Untuk menghindari beberapa hal yang tidak diinginkan, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu untuk memberikan vaksin. Terutama pada bayi yang sedang mengalami gangguan kesehatan.

Baca juga: 5 Imunisasi Wajib Bagi Bayi Anda

Sebaiknya jangan menghindarkan bayi dari pemberian vaksin. Karena apapun yang terjadi, vaksin itu sangat penting dan akan berguna bagi bayi dikemudian hari. Tidak perlu meragukan adanya vaksin. Karena apapun yang terjadi, pemerintah bersama departemen kesehatan pasti telah melakukan banyak pengkajian terhadap vaksin ini. Itulah sebuah jawaban mengenai masalah menunda imunisasi bayi bolehkah?

Oleh Bayi Kecil Com

Berbagi informasi untuk bunda dan si bayi dikala waktu senggang dalam kesibukan dunia rumahan.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *