Ketahui Lebih Dini Penyebab dan Cara Mengatasi Bayi Sulit BAB

Bayi Susah BAB

BayiKecil.com – Masalah bayi susah BAB (buang air besar) sebenarnya bukan sebuah masalah yang serius. Karena sulit buang air besar atau yang sering disebut dengan konstipasi adalah salah satu masalah pada sistem reproduksi yang sering dialami baik oleh orang dewasa maupun oleh seorang bayi. Namun hal ini akan menjadi masalah yang cukup serius pada seorang ibu yang belum mempunyai pengalaman dalam mengurus bayi.

Bayi susah BAB atau dalam keadaan konstipasti adalah jika bayi tidak bisa membuang kotoran yang berupa fases selama 3 hari berturut-turut. Hal ini disebabkan oleh fese yang terlalu keras sehingga bayi merasa kesulitan atau kesakitan saat ingin buang air besar. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan bayi susah buang air besar dan bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab Bayi Susah BAB

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan seorang bayi merasa kesulitan untuk membuang kotoran fasesnya. Antara lain :

Bayi Susah BAB

  1. Dehidrasi, dimana asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh si bayi terasa kurang. Sehingga hal ini bisa menyebabkan kotoran fasesnya keras.
  2. Peralihan pada makanan padat. Hal ini bisa terjadi ketika biasanya bayi mengkonsumsi makanan cair seperti ASI, dan berubah menjadi makanan padat biasanya menimbulkan satu masalah yaitu konstipasi. Untuk menghindari ini terjadi, sebaiknya jangan langsung memberinya makanan yang padat. Sedikit demi sedikit berilah makanan yang mengandung serat terlebih dahulu.
  3. Takaran susu formula yang tidak sesuai aturan juga bisa menyebabkan fases keras. Sebaiknya, jangan mengabaikan tata aturan pakai yang tertera pada kemasan susu formula. Karena aturan pakai satu merk susu formula biasanya berbeda dengan merk lainnya.

Cara Mengatasi Bayi Susah BAB

  1. Cukupi Kebutuhan Cairan

Selain membantu agar feses tidak keras, cairan yang cukup juga akan membantu mengurangi dehidrasi pada bayi. Selain ASI atau makanan pendamping ASI, berikan juga asupan air putih yang cukup.

  1. Gunakan Susu Formula Yang Sesuai

Jika kasus konstipasi pada bayi disebabkan oleh susu formula, sebaiknya gantilah susu formula sesuai dengan kebutuhan bayi. Selain itu, ikuti benar-benar aturan takaran yang ada dalam kemasannya.

  1. Cukupi Kebutuhan Serat

Saat bayi telah bisa mengkonsumsi makanan padat, sebaiknya kombinasikan makanan yang mengandung banyak serat. Jangan langsung memberikan makanan padat seperti nasi atau roti dalam jumlah banyak.

  1. Beri Pijatan Lembut

Saat bayi susah BAB, cobalah untuk memberikan pijatan lembut di area bawah pusar. Pijatah dengan gerakan yang lembut menggunakan minyak bayi. Pijatan ini dimaksudkan untuk membantu mendorong fases yang keras kelura perlahan melalui anus. Setelah itu, mandikan bayi dengan menggunakan air hangat.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Bayi Sembelit

Oleh Bayi Kecil Com

Berbagi informasi untuk bunda dan si bayi dikala waktu senggang dalam kesibukan dunia rumahan.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *