Penyebab, Gejala, Cara Menangani Kentut Pada Bayi

Penyebab Gejala Cara Menangani Kentut Pada Bayi

BayiKecil.com – Masalah bayi sering kentut, banyak sekali dihadapi oleh para kaum ibu. Bagi yang baru pertama mempunyai bayi, mungkin akan sedikit bingung. Tapi tidak bagi yang telah mempunyai pengalaman melahirkan lebih dari satu kali. Keadaan dimana bayi sering kentut adalah hal yang wajar saja. Seperti yang banyak dialami oleh para orang dewasa.

Penyebab Gejala Cara Menangani Kentut Pada Bayi

Bayi sering kentut ketika baru lahir disebabkan oleh komponen pada susu berproses sedemikian sehingga menghasilkan gas pada proses pencernaan. Karena organ bayi yang masih lunak, bisa menyebabkan berbagai macam hal yang mungkin agak aneh. Seperti sering kentut.

Penyebab Bayi Sering Kentut

Ada beberapa penyebab bayi sering kentut. Diantaranya adalah akibat dari beyi yang menyusu dengan botol. Gelembung udara yang didapat dari botol minum, akan masuk ke perut bayi dan memenuhi rongga perut. Hal inilah yang bisa menyebabkan bayi sering mengalami kentut.

Selain itu, bisa juga disebabkan oleh dampak dari makanan yang dikonsumsi oleh ibu. Hal ini bisa berkaitan jika bayi mengkonsumsi air susu ibu. Karena, makanan apapun yang dikonsumsi ibu, secara otomatis akan dikonsumsi pula oleh bayi melalui ASI. Jika ibu mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gas, misalnya kol, keju, kacang-kacangan, dan lain sebagainya.

Baca juga: Awas, Bahaya Alergi Makanan Pendamping ASI Pada Bayi

Bayi yang rentan terkena masalah gas adalah bayi yang berusia antara 3-6 bulan. Cirinya, biasanya perut akan terasa kembung dan sering buang gas atau kentut setelah bayi tersebut menyusu atau mengkonsumsi ASI dari ibunya.

Cara Menangani Bayi Sering Kentut

Telah dijelaskan bahwa bayi yang sering kentut adalah hal yang wajar. Yang menjadi masalah selanjutnya adalah jika bayi merasa kurang nyaman dan terus menerus menangis jika mengalami sering kentut. Berikut ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi bayi yang rewel karena sering kentut.

  1. Tepuklah punggung bayi secara berkala setiap 3 atau 5 menit sekali. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kadar gas yang ada dalam saluran pencernaan.
  2. Khusus untuk bayi yang mengkonsumsi susu formula dengan dot, pilihlah dot dengan ukuran besar. Agar bayi lebih cepat menghabiskan susu. Jika menggunakan dot yang berukuran kecil, maka asupan gas akan lebih banyak masuk ke perut bayi sehingga bisa menyebabkan bayi kentut terus.
  3. Beri pijatan lembut pada perut bayi. Hal ini bisa mengurangi kadar gas yang ada dalam saluran pencernaan. Sehingga bayi akan merasa lebih nyaman karena gas yang mengganggu dalam perut sedikit terkurangi.
  4. Cobalah mengurangi asupan makanan yang mengandung banyak gas agar bayi sering kentut bisa terkurangi kentutnya. Pilihlah makanan bergizi yang tidak banyak mengandung gas.

Oleh Bayi Kecil Com

Berbagi informasi untuk bunda dan si bayi dikala waktu senggang dalam kesibukan dunia rumahan.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *