Apa Penyebab Kulit Bayi Kering dan Cara Mengatasinya Bagaimana?

Apa Penyebab Kulit Bayi Kering dan Cara Mengatasinya Bagaimana?

BayiKecil.com – Sebenarnya apa sih penyebab kulit bayi kering dan cara mengatasinya bagaimana? Betapa bahagianya sebagai orangtua apabila sang bayi memiliki kulit yang sehat, dan lembut. Namun, sebagaimana kulit orang dewasa kulit bayi juga bisa menjadi kering dan menjadi kasar. Masalah kulit bayi kering sebenarnya merupakan suatu hal yang sangat wajar yang bahkan umumnya semua bayi pernah mengalami masalah kulit kering.

Bayi yang sejak lahir hingga tumbuh menjadi seorang anak-anak kerap kali pernah mengalami masalah pada kulit dan itu merupakan masalah wajar terjadi. Sebab, kulit bayi yang masih sangat sensitif dan kulit balita serta anak masih rentan dan belum sepenuhnya mampu melindungi dari iritasi lingkungan, alergi, dan infeksi, tetapi walaupun itu merupakan suatu masalah yang wajar anda sebagai seorang ibu jangan terlalu meremehkan pada masalah ini anda tetap harus mengetahui apa penyebab kulit bayi kering dan cara mengatasinya. Bayi yang baru lahir mengalami masalah ini maklum saja karena bayi masih harus menyesuaikan diri dengan keadaan diluar kandungan.

Penyebab Kulit Bayi Kering

Apa Penyebab Kulit Bayi Kering dan  Cara Mengatasinya Bagaimana?

  • Kelenjar keringat bayi belum berkembang sempurna, sehingga kulit bayi belum bisa beradaptasi dengan keadaan di luar kandungan.
  • Penggunaan sabun yang terlalu banyak bisa membuat kulit menjadi kering. Karena sabun memiliki sifat yang yang mengangkat minyak alami pada kulit, sehingga sulit menjaga kelembapan kulitnya.
  • Udara yang terlalu dingin atau terlalu panas dengan tingkat kelembapan yang rendah yang akan meningkatkan risiko kulit kering pada bayi.

Cara Mengatasi atau mencegah Kulit Kering pada Bayi

  • Jagalah kebutuhan harian cairan bayi dengan nutrisi yang sesuai agar selalu terpenuhi.
  • Gunakan losion hypoallergenic khusus untuk bayi setelah mandi. Losion yang kental biasanya bekerja lebih baik dibandingkan losion yang terlalu cair atau lebih encer.
  • Udara dingin bisa membuat kulit menjadi kering, karena itulah sangat penting untuk melindungi tubuh kulit sang bayi bila dia harus berada di luar rumah pada saat cuaca dingin.
  • Mandikanlah bayi dengan air hangat atau air suam-suam kuku, jangan memandikan bayi dengan air yang terlalu panas karena akan membuat kulitnya semakin kering.
  • Saat memandikan bayi, gunakanlah sabun dengan jumlah yang wajar dan jangan terlalu berlebihan karena apabila berlebihan maka akan membuat kulit bayi kering juga.
  • Jangan memandikan bayi terlalu lama, 10-15menit sudah merupakan waktu yang cukup.

Baca juga: Tips Mengejar Manfaat Maksimal dari Pijat Bayi

Pada dasarnya kulit kering pada bayi memang mudah untuk diatasi. Tetapi sebaiknya sebelum kulit kering pada bayi semakin menyebar dan bertambah gatal, alangkah baiknya anda sebagai seorang ibu lebih pintar-pintar untuk menghindari dan mengetahui penyebab kulit bayi kering dan cara mengatasinya dengan begitu ibu dapat tetap menjaga kesehatan kulitnya.

By Bayi Kecil Com

Berbagi informasi untuk bunda dan si bayi dikala waktu senggang dalam kesibukan dunia rumahan.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *