Cara Perawatan Bayi 0-6 Bulan Calon Ibu Harus Paham

Perawatan Bayi 0-6 Bulan Calon Ibu Harus Paham
Memandikan Bayi

BayiKecil.com – Calon Ibu setidaknya tahu tentang cara perawatan bayi 0-6 bulan. Memang, bayi yang baru berumur 0-6 bulan memerlukan perhatian yang khusus. Kesabaran dan ketelitian sangat dibutuhkan bagi calon ibu, terutama apabila anak yang lahir adalah anak pertama.

Ada banyak hal yang berhubungan tentang perawatan bayi 0-6 bulan yang perlu diketahui dan dipelajari oleh calon ibu. Hal ini penting karena ketika bayinya lahir, calon ibu tidak merasa cemas, kikuk, atau khawatir dalam merawat bayi.

Cara Perawatan Bayi 0-6 Bulan yang Wajib Bunda Tahu

Akan ada perasaan berbeda bagi seorang Ibu apabila mengetahui sejak dini tentang perawatan bayi. Sehingga ketika sang anak lahir dapat langsung lihai dalam menangani bayi seperti sudah berpengalaman. Lalu bagaimana cara merawat bayi 0-6 bulan yang dapat dipelajari agar ketika buah hati lahir, calon Ibu dapat merawatnya dengan baik.

Cara Memandikan Bayi 0-6 Bulan

Perawatan Bayi 0-6 Bulan Calon Ibu Harus Paham
Memandikan Bayi

Perawatan bayi 0-6 bulan yang pertama yaitu memandikan bayi. Calon Ibu harus bisa memandikan bayi agar dapat menjaga kebersihan kulit buah hatinya. Kebersihan kulit sangatlah penting agar dapat mencegah kulit dari bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan iritasi kulit.

Siapkan alat-alat untuk memandikan bayi. Setelah itu Isilah ember atau bak mandi untuk bayi dengan air hangat mkemudian masukkan bayi ke dalamnya. Berikan mainan agar bayi tidak menangis pada waktu dimandikan.

Setelah selesai, balut tubuh bayi dengan handuk dan oleskan minyak telon agar terasa hangat dsan nyaman.

Cara Membersihkan Mata Bayi 0-6 Bulan

Membersihkan mata bayi yang masih berusia di bawah 1 tahun haruslah berhati-hati. Caranya dengan menggunakan kapas yang digulung kemudian dicelupkan dengan air hangat. Kapas dierakkan dari ujung dalam ke ujung luar.

Jangan menggunakan kapas yang sama untuk kedua mata bayi Anda.

Cara Membersihkan Telinga Bayi 0-6 Bulan

Gunakan Cutton Bud yang telah diolesi baby oil untuk membersihkan telinga bayi Anda.Bersihkan daun telinga bagian depan dan bagian belakang. Setelah selesai dapat dibersihkan menggunakan handuk lembut agar tidak lembab.

Yang harus diperhatikan yaitu jangan memasukkan cutton bud ke dalam lubang telinga bayi karena dapat mengakibatkan gendang telinga menjadi pecah.

Cara Membersihkan Hidung Bayi 0-6 Bulan

Caranya sama dengan cara membersihkan telinga pada bayi. Berhati-hatilah dan jangan memasukkan cutton bud ke lubang hidung terlalu dalam.

Cara Membersihkan Alat Kelamin Bayi 0-6 Bulan

Siapkan kapas basah, bisa juga menggunakan tisu basah khusus untuk bayi. Untuk alat kelamin pada bayi laki-laki yang dibersihkan adalah daerah penis, buah zakar serta sekitar alat kelamin sampai anus. Untuk bayi perempuan yang dibersihkan yaitu area lipatan di sekitar alat kelamin sampai pangkal paha sampai ke anus.

Cara Membersihkan Tali Pusar Bayi 0-6 Bulan

Caranya yaitu dengan melepaskan perban tali pusar kemudian dibersihkan dengan cutton bud yang dibasahi alkohol 70%. Setelah selesai dapat dibungkus kembali dengan perban steril dan dibasahi juga dengan alkohol 70%.

Baca juga: Cara Merawat Bayi Usia 2 Bulan Ke Bawah

Demikian cara-cara yang dapat diberikan untuk perawatan bayi Anda. Semoga dengan tips dan penjelasan tentang perawatan bayi 0-6 bulan tersebut dapat bermanfaat bagi Anda.

Oleh Bayi Kecil Com

Berbagi informasi untuk bunda dan si bayi dikala waktu senggang dalam kesibukan dunia rumahan.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *