Perawatan Bayi Baru Lahir Menurut Pandangan Islam

Perawatan Bayi Baru Lahir Menurut Pandangan Islam

BayiKecil.com – Perawatan bayi baru lahir menurut pandangan Islam ini sebernarnya jika kita telaah dengan benar-benar tidak jauh berbeda dengan pendapat dari para ahli. Bayi yang baru lahir ini di sarankan untuk dibersihkan kemudian diberikan susu pertama dari Ibu, karena susu ibu ini mengandung kolostrum dan ini tentunya sangat di butuhkan oleh bayi, kemudian bacalah basmalah diwaktu Anda sebelum menyusui, selanjutnya setelah Anda selesai dalam menyusui usahakan untuk Anda mendekap anak Anda di dada sebelah kiri.

Kenapa perawatan bayi baru lahir menurut pandangan Islam mengharuskan untuk menyusui dan mendekap Anda di dada sebelah kiri? Ini perlu Anda ketahui bahwa pada dada sebelah kiri ibu terletak jantung, hingga anak ini bisa merasakan detak jantung pada ibunya, sebagai stimulant serta rasa sayang dan ikatan bathin.

Tips-tips perawatan bayi baru lahir menurut pandangan Islam

Perawatan Bayi Baru Lahir Menurut Pandangan Islam

  • Perawatan tali pusat bayi

Di sini Anda tentunya harus berhati-hati supaya tali pusarnya jangan sampai terinfeksi oleh kuman, jika terjadi infeksi ini akan dapat menyebabkan demam pada bayi, untuk proses puputnya atau terlepas biasanya memerlukan waktu selama lima hari atau bahkan bisa satu sampai dua minggu. Cara untuk merawat bayi yaitu dengan cara Anda memandikan bayi seperti biasa, kemudian gosok secara perlahan pada tali pusat dengan menggunakan sabun lalu Anda keringkan dengan pelan-pelan dan bersihkan dengan menggunakan alkohol 70%. Dan kemudian Anda biarkan terbuka tanpa dibungkus dengan kasa. Kecuali jikalau tali pusat ini infeksi.

  • Perhatikan BAB bayi

Hal normal jika menyusu air susu ibu akan dapat melakukan Buang air besar sampai 12 sampai 15 kali dalam waktu seharian.

  • Jagalah suhu ruangan Anda

Bayi tidur yaitu pada suhu ruangan bekisar antara 24-32 ⁰ c. 16 ⁰C pun juga masih diperbolehkan.

Perawatan bayi baru lahir menurut pandangan Islam dalam hal Aqiqah;

  1. Melakukan aqiqah

Aqiqah yang di lakukan kepada bayi yang baru lahir, ini sebagai perwujudan dari rasa syukur manusia atas anugerah yang di berikan oleh Allah SWT, yaitu seorang anak yang di lahirkan.

  1. Mencukur rambut bayi

Ini merupakan bagian dari urutan yang ada pada Aqiqah, selanjutnya setelah mencukur rambut maka rambut tersebut di timbang dan kemudian di setarakan dengan harga emas yang selanjutnya uang dari harga emas tersebut di sedekahkan kepada fakir miskin.

  1. Memberi nama

Memberikan Nama ini adalah sunnah dari Nabi Muhammad saw. Yaitu dengan Anda memberikan nama pada Anak yang baik Jika anak tersebut lelaki maka disarankan untuk Anda memakai nama Muhammad pada awal namanya, ataupun Anda boleh untuk memakai nama-nama dari Allah SWT Sesuai asmaul husna akan tetapi dengan mencamtumkan nama abdul atau abdullah di depannya.

Baca juga: Tips Merawat Bayi Baru Lahir Agar Cepat Gemuk dan Sehat

Itulah beberapa hal yang harus di lakukan dalam perawatan bayi baru lahir menurut pandangan islam, semoga dengan hadirnya buah hati dapat menambah ketaqwaan kita. Aamiin…

Oleh Bayi Kecil Com

Berbagi informasi untuk bunda dan si bayi dikala waktu senggang dalam kesibukan dunia rumahan.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *