Pijat Bayi Untuk Mengatasi Kolik

Pijat Bayi Untuk Mengatasi Kolik Perut Anak Balita

BayiKecil.com  – Sebelum kita membahas mengenai pijat bayi untuk mengatasi kolik, terlebih dahulu kita akan membicarakan tentang apa itu kolik. Kolik adalah semacam sakit perut atau kembung yang terjadi pada bayi. Sebenarnya kembung pada bayi itu hal yang wajar. Namun, mengingat sistem pencernaan bayi yang masih lemah, kembung atau kolik kadang bisa menjadi hal yang bermasalah. Terutama bagi orang tua yang belum mempunyai pengalaman dalam mengurus anak.

Kita bisa menggunakan pijat bayi untuk mengatasi kolik. Ciri utama bayi menderita kolik adalah ketika bayi menangis dan tangisan tersebut tidak bisa berhenti hanya dengan diberi susu atau diganti popok. Tangisannya sangat kencang dengan disertai kaki bayi terasa dingin. Ini yang menandakan bahwa bayi sedang menahan rasa sakit. Termasuk sakit akibat kolik.

Meski tidak terlalu banyak bayi yang mengalami kolik, bukan berarti kolik adalah penyakit besar yang bisa membahayakan bayi. Kolik memang sulit disembuhkan dengan pemberian obat-obatan. Karena kolik bisa berhenti sendiri seiring dengan bertambahnya usia si kecil. Penanganan terhadap kolik lebih ditujukan pada upaya untuk menghidari kolik bertambah parah.

Pijat Bayi Untuk Mengatasi Kolik Perut Anak Balita

Caranya, dengan menghindarkan bayi mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gas. Jika bayi masih mengkonsumsi ASI, maka hal terpenting yang harus diperhatikan ibu adalah mengurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gas. Seperti kafein, kol, bawang, dan lain sebagainya. Karena apapun makanan yang dimakan oleh ibu, akan sangat mempengaruhi kualitas ASI yang nantinya juga akan dikonsumsi oleh bayi.

Selain menghindari konsumsi makanan yang banyak mengandung gas, ibu bisa melakukan pijat bayi untuk mengatasi kolik. Untuk pijat ini, kita bisa melakukannya sendiri atau meminta tolong pada orang yang telah terbiasa memijat bayi. Namun alangkah baiknya jika kita mencoba untuk melakukannya sendiri. Karena pijat bayi selain untuk bisa mengatasi kolik, juga bisa digunakan untuk merapatkan kasih sayang antara orang tua dan anak.

Sebelum memijat, terlebih dahulu kondisikan bayi pada keadaan yang nyaman. Misalnya, kita bisa mengajaknya bermain dan bercanda terlebih dahulu. Agar bayi tidak tegang dan stress. Setelah itu, tuangkan sedikit baby oil atau minyak telon pada kedua telapak tangan kita. Secara perlahan, kita bisa mulai memijit bayi dengan cara membelah, meremas atau posisi tuas.

Baca juga: Mengapa STimulasi Bayi Itu Penting? ini jawabannya!

Mulai dari bagian tengah seperti pada dada, punggung, atau paha. Lakukan gerakan membelah dengan gerakan tangan menuju bagian pinggir badan. Seperti lengan hingga ke telapak tangan. Selain itu, lakukan pula gerakan meremas pada bagian tangan atau kaki dengan remasan lembut. Terakhir, lakukan gerakan tuas dengan menekuk persendian kaki secara perlahan dan berulang. Demikian artikel balita mengenai pijat bayi untuk mengatasi kolik.

Oleh Bayi Kecil Com

Berbagi informasi untuk bunda dan si bayi dikala waktu senggang dalam kesibukan dunia rumahan.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *