Beginilah Posisi Menggendong Bayi Dengan Benar

Posisi Menggendong Bayi Yang Paling Benar
Posisi Menggendong Bayi

BayiKecil.com – Bagi orangtua muda atau ibu muda mungkin mereka belum punya banyak pengalaman tentang bagaimana cara posisi menggendong bayi dengan benar. Tips aman posisi menggendong bayi dengan benar merupakan suatu hal yang sangat penting untuk diketahui bagi semua orangtua, karena menggendong merupakan salah satu cara yang paling efektif yang perlu orang tua lakukan dengan maksud untuk mempererat ikatan batin antara seorang ayah dengan bayinya atau seorang bayi dengan ibunya.

Menggendong seorang bayi tidak boleh diperlakukan seperti menggendong anak yang sudah jauh lebih besar. Bayi masih sangat rapuh, leher dan ototnya belum terlalu kuat untuk menahan, untuk itu anda sebagai orangtua harus memperhatikan bagaimana posisi menggendong bayi dengan benar jangan sampai menyakiti sang bayi yang membuatnya tidak nyaman. Pada dasarnya menurut beberapa keterangan bahwa menggendong bayi disesuaikan juga dengan usianya.

Tiga Perkembangan Posisi Menggendong Bayi Dengan Benar

  • Perkembangan kepala, pada usia kurang dari 3 bulan kepala leher belum punya keseimbangan yang baik.
  • Perkembangan punggung, pada usia kurang dari 3 bulan punggung belum bisa menyangga dengan baik.
  • Perkembangan kekuatan kaki, kekuatan pada kaki masih belum terlalu kuat untuk menahan dan menyangga tubuhnya.

Tips Posisi Menggendong Bayi Dengan Benar Sesuai Usia Bayi

Posisi Menggendong Bayi Yang Paling Benar
Posisi Menggendong Bayi
  • Usia 0-3 bulan. Pada usia ini tulang bayi masih lemah. Maka posisi gendongan yang terbaik adalah dengan membaringkannya pada lengan anda. Satu lipatan siku untuk menopang leher dan kepalanya sementara lengan yang lain untuk menopang punggung dan pantatnya.
  • Usia 4 bulan. Posisi menggendong pada usia ini hampir sama dengan cara sebelumnya, hanya saja pada usia 4 bulan bayi sudah dapat sesekali didudukkan pada pangkuan anda dengan cara kepalanya disandarkan pada dada anda dan dihadapkan ke depan.
  • Usia 5 bulan. Bayi yang sudah berusia 5 bulan pada umumnya sudah mampu untuk menopang kepalanya sendiri sehingga anda bisa menggendongnya di pinggang anda dengan kaki bayi dilingkarkan dipinggul anda dan anda hanya cukup menopangnya dengan satu tangan.
  • Usia 6 bulan. Dalam usia ini bayi sudah bisa dukatakan masuk pada fase yang sempurna karena bayi sudah dapat digendong dipunggung. Pada usia 6 bulan ini bayi sudah mulai sempurna dalam menopang kepalanya sendiri.

Pada usia-usia di atas untuk posisi menggendong bayi dengan benar sangat penting untuk orang tua ketahui agar anda dapat meminimalisir resiko-resiko seperti terkilir atau patah tulang yang terjadi pada bayi saat anda menggendongnya.

Baca juga: Mengenal Bahaya dan Manfaat Fluoride di Odol Gigi Bayi

Dengan demikian apabila anda menggunakan posisi menggendong bayi dengan benar maka anda akan dapat memberikannya rasa aman dan nyaman pada bayi anda sehingga ikatan batin antara bayi dan orangtua pun akan semakin erat. Demikianlah artikel bayi yang bisa disampaikan di kesempatan ini, semoga bermanfaat.

By Bayi Kecil Com

Berbagi informasi untuk bunda dan si bayi dikala waktu senggang dalam kesibukan dunia rumahan.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *