Kenali Apa Itu Ruam Popok Di Kulit Bayi

Kenali Apa Itu Ruam Popok Di Kulit Bayi

BayiKecil.com – Masih pada artikel mengenai dunia bayi, kali ini kita akan membahas mengenai kenali apa itu ruam popok di kulit bayi. Ruam popok di kulit bayi adalah sebuah keadaan dimana kulit bayi pada bagian yang langsung berhubungan dengan popok bayi mengalami gatal hingga menimbulkan warna kemerahan.

Hal ini disebabkan oleh bakteri yang menyerang kulit. Bakteri ini ditimbulkan oleh kotoran dan keringat yang menyumbat pori akibat penggantian popok yang sering telat. Apalagi jika di dalam popok tersebut ada kotoran seperti sisa buang air besar atau buang air kecil.

Kenali apa itu ruam popok di kulit bayi ini dimaksudkan agar kita bisa menghindarkan bayi dari bahaya selanjutnya yang ditimbulkan oleh ruam popok bayi ini. Seperti iritasi kulit yang parah dan sebagainya.

Kenali Apa Itu Ruam Popok Di Kulit Bayi

Berikut ada beberapa langkah yang bisa ibu lakukan untuk menghindari ruam popok pada kulit bayi. Antara lain :

  1. Sering-seringlah mengganti popok bayi. Terutama bayi yang baru dilahirkan. Jangan menunggu kotorannya menumpuk banyak baru diganti. Gantilah popok setelah habis disusui. Karena setelah bayi menyusu, biasanya akan langsung buang air. Mengganti popok minimal 6 kali dalam sehari. Jika masih timbul kemerahan pada kulit bayi yang kena popok, berarti penggantian popok harus lebih sering.
  2. Jika menggunakan tissue bayi, gunakan tissue yang tidak mengandung bahan parfum buatan. Paling baik adalah menggunakan tissue yang tanpa parfum. Karena pewangi pada parfum bisa menimbulkan alergi pada kulit bayi. Jangan pula menggunakan sabun yang dapat menghilangkan minyak alamikulit bayi. Karena itu bisa menyebabkan kulit bayi kering dan rentan iritasi.
  3. Lebih baik pilihlan popok bayi yang terbuat dari kain dan bisa dicuci ulang. Karena itu lebih sehat bagi kulit bayi daripada popok sekali pakai.
  4. Selain karena popok, ruam merah bisa juga disebabkan oleh makanan. Untuk mengantisipasi hal ini, ibu bisa memberikan satu makanan baru dalam satu waktu untuk melihat apakah ruam ini juga disebabkan oleh faktor makanan yang dikonsumsi oleh si kecil.

Setelah kita mengetahui bagaimana cara menghindari ruam popok dan kenali apa itu ruam popok di kulit bayi, selanjutnya kita akan membahas tentang bagaimana cara mengganti popok yang baik. Pertama, angkat kotoran tinja pada bayi dengan menggunakan tissue kering dan bersih. Setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat. Setelah bersih, jangan langsung memakaikan popok kembali. Tunggu hingga 10 menit dahulu agar kulit bayi bisa terkena udara langsung.

Baca juga: Tips Cara Mengatasi Kulit Kering pada Bayi

Setelah itu, baru kenakan popok kembali dengan disertai minyak kastor atau cream zinc untuk menghindari iritasi pada kulit. Demikian pembahasan mengenai kenali apa itu ruam popok di kulit bayi. Semoga bermanfaat 🙂

Oleh Bayi Kecil Com

Berbagi informasi untuk bunda dan si bayi dikala waktu senggang dalam kesibukan dunia rumahan.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *