Inilah Tahap Perkembangan Bayi Yang Sebaiknya Para Ibu Tahu

Tahap Perkembangan Bayi
Perkembangan Bayi

BayiKecil.com – Sangatlah penting bagi anda terutama bagi seorang ibu untuk mengetahui tahap perkembangan bayi dari awal kelahirannya yang sebaiknya anda para ibu tahu apa saja tahapan perkembangan bayi yang tentunya jangan sampai anda lewatkan begitu saja, karena tidak semua bayi memiliki tumbuh kembang yang sama.

Semua Bayi pada umumnya bertumbuh dan berkembang, tahapan demi tahapan dilalui dan ditandai dengan adanya kemajuan aktivitas bayi yang diperlihatkan.

Perkembangan bayi merupakan bagian dari kecerdasan bayi itu sendiri. Untuk itu sebaiknya anda para ibu harus mengenali tahap perkembangan bayi karena apabila ada salah satu tahapan saja yang tidak mereka lalui anda perlu waspada sebab itu akan berpengaruh pada tumbuh kembang sang bayi.

Tahap Perkembangan Bayi
Perkembangan Bayi

Empat Kategori Tahap Perkembangan Bayi

  • Sosial, bagaimana bayi anda berinteraksi dengan wajah dan suara yang dilihat dan didengar di sekelilingnya.
  • Bahasa, perkembangan bahasa bagaimana bayi menerima, tanggap dengan baik sehingga bayi benar-benar mengerti dan seberapa baik bayi benar-benar bisa berbicara.
  • Perkembangan motorik kasar, menggerakkan anggota tubuhnya seperti memegang kepala, duduk, berguling, dan berjalan.
  • Perkembangan motorik halus, koordinasi antara mata dengan tangan, menggerakkan anggota tubuhnya untuk mencapai atau menggenggam sesuatu yang ingin digenggamnya.

Tahap Tumbuh kembang bayi dari 0-12 Bulan

  • Usia bayi 0-3bulan, ketajaman visualnya meningkat, bayi mencoba membalas tatapan anda ketika anda memeluk dan menatapnya dengan penuh kasih sayang.
  • Usia bayi 3-4 bulan, bayi mulai bisa melihat kesebrang ruangan dengan jangkauan yang luas dan cukup jelas. Biasanya sang bayi pada tahap ini lebih mudah ditenangkan ketika rewel, sebab banyak hal-hal di sekelilingnya yang membuat bayi tertarik.
  • Usia bayi 4-6 bulan, kontrol bayi terhadap tubuhnya sudah mulai meningkat dibanding dengan tahap-tahap sebelumnya. Bayi mulai menggunakan tangan dan kakinya untuk sedikit bermain-main.
  • Usia bayi 6-9 bulan, bayi mulai duduk dan merangkak. Ketika duduk, bayi akan mulai mengamati, menggenggam apa saja yang ingin di genggam dan meraih apapun yang ingin dia raih dengan tangannya. Setelah bosan, bayi akan merangkak untuk mengeksplor apa yang menurutnya menarik yang ada disekelilingnya.
  • Usia bayi 9-12 bulan, bayi mulai bisa berdiri dan sedikit berjalan-jalan, mulai ada tantangan bagi bayinya. Bisa memungut benda yang jatuh dengan ibu jari atau telunjuknya, bahkan bayi sengaja bermain-main dengan mainan yang dijatuhkannya memungut lalu menjatuhkan kembali mainan itu secara berulang-ulang hingga bayi itu mulai merasa bosan.

Baca juga: Tips Memilik dan Membeli Baju Bayi Yang Nyaman Dipakai

Setelah bayi melewati tahap ini di masa bayinya, maka semakin kesini bayi akan lebih aktif, dan anda juga sebagai seorang ibu mesti serba hati-hati untuk menjaganya.

Jadi pastikan anda para ibu sebaiknya tahu tahap perkembangan bayi dengan baik, karena pada tahap tumbuh kembang inilah anda bisa melihat pertumbuhan bayi anda disetiap usianya.

By Bayi Kecil Com

Berbagi informasi untuk bunda dan si bayi dikala waktu senggang dalam kesibukan dunia rumahan.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *