Tahu Lebih Banyak Tentang Pertumbuhan Rambut Bayi

Tahu Lebih Banyak Tentang Pertumbuhan Rambut Bayi
Tahu Lebih Banyak Tentang Pertumbuhan Rambut Bayi

BayiKecil.com – Pada artikel tentang perawatan bayi kali ini kita akan membahas mengenai tahu lebih banyak tentang pertumbuhan rambut bayi. Setiap bayi yang terlahir selalu berbeda dengan keadaan rambutnya. Ada yang terlahir dalam keadaan tanpa rambut, ada yang terlahir dengan rambut tipis, bahkan ada yang terlahir dengan rambut yang sangat lebat. Tebal tipisnya rambut atau bahkan ada tidaknya rambut tidak mempengaruhi tumbuh kembang si bayi. Karena rambut yang dibawa dari lahir hanyalah rambut sementara saja.

Tahu Lebih Banyak Tentang Pertumbuhan Rambut Bayi
Pertumbuhan Rambut Bayi

Tahu lebih banyak tentang pertumbuhan rambut bayi juga termasuk kapan rambut bayi harus dipotong. Rambut yang dibawa dari lahir memang sebaiknya harus dipotong. Karena rambut tersebut adalah rambut sementara dimana rambut itu membawa beberapa kotoran dari ibu ketika dilahirkan.

Secara medis, tidak ada waktu yang pasti kapan rambut bayi harus dipotong. Hanya saja yang lebih ditekankan adalah rambut itu memang harus dicukur habis. Selain masalah kesehatan untuk menghilangkan segala bakteri yang dibawa sejak lahir, mencukur rambut bayi juga dipercaya akan membuat rambut yang tumbuh selanjutnya menjadi rambut yang lebat dan bagus.

Untuk kapan waktu yang tepat memotong rambut bayi biasanya tergantung dari kebiasaan adat atau ajaran agama masing-masing. Terkadang, rambut bayi dipotong bersamaan dengan upacara adat atau selamatan setelah bayi dilahirkan, yakni saat bayi diberi nama.

Tahu Lebih Banyak Tentang Pertumbuhan Rambut Bayi

Untuk tahu lebih banyak tentang pertumbuhan rambut bayi, kita juga harus mengetahui beberapa manfaat memotong rambut bayi. Antara lain :

  1. Dengan dipotongnya rambut bayi, aliran darah ke kepala akan meningkat. Sehingga nutrisi bayi akan lebih mudah dicukupi.
  2. Jika ada masalah pada kulit kepala bayi akan jauh lebih mudah dideteksi. Seperti jika ada bisul, luka ataupun iritasi.
  3. Kulit kepala akan mudah beradaptasi langsung dengan lingkungan. Karena kulit kepalanya langsung terkena udara tanpa terhalangi oleh rambut.
  4. Ada sebagian pendapat yang mengatakan bahwa dengan mencukur rambut, bayi akan mendapat kesempatan untuk memperoleh kembali pertumbuhan rambut yang sehat, kuat dan lebat.

Setelah di cukur habis, secara perlahan rambut barunya akan mulai tumbuh. Namun berapa cepat dan banyak rambut baru yang akan tumbuh tergantung dari nutrisi yang masuk pada tubuh bayi. Terutama pada asupan protein, vitamin C dan vitamin B kompleks. Setelah dipotong, beberapa waktu kemudian rambut bayi akan tumbuh kembali diganti dengan rambut yang baru.

Baca juga: Cara Mengatasi Bayi Menangis Refluks dan Kolik

Jika dalam beberapa bulan setelah mencukur ternyata rambut bayi belum juga tumbuh, sebaiknya konsultasikan ke dokter. Karena kemungkinan ada beberapa masalah. Seperti masalah jamur, masalah autoimun, dan masalah efluvium. Itulah beberapa hal mengenai permasalah rambut bayi agar para ibu dan calon ibu tahu lebih banyak tentang pertumbuhan rambut bayi.

Oleh Bayi Kecil Com

Berbagi informasi untuk bunda dan si bayi dikala waktu senggang dalam kesibukan dunia rumahan.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *