Tidak Perlu Takut Memandikan Bayi yang Baru Lahir Kalau Tahu Caranya

cara memandikan bayi yang baru lahir
Gambar Memandikan Bayi

BayiKecil.com – Ibu muda tidak perlu takut memandikan bayi yang baru lahir kalau tahu caranya. Sudah menjadi kodrat dan nalurinya seorang wanita walau belum pernah memandikan bayi, tetapi dengan sedikit belajar secara otodidak pasti berhasil melakukannya.

Memang seharusnya ibu muda tidak perlu takut memandikan bayi yang baru lahir karena pada dasarnya memandikan bayi itu mudah jika tahu triknya, triknyapun sederhana dan mudah, sekali belajar pasti langsung bisa, seperti apakah triknya, simak penjelasan artikel bayi di bawah ini.

Tidak Perlu Takut Memandikan Bayi yang Baru Lahir, Ini Caranya

Ada tiga tahap dalam memandikan bayi, yakni tahap persiapan, memandikan itu sendiri dan sentuhan kecil setelah dimandikan, dengan tiga tahap ini tidak perlu takut memandikan bayi yang baru lahir.

1 . Persiapan

Perlengkapan yang perlu dipersiapkan adalah 2 washlap untuk daerah wajah dan kelamin, kapas, kasa steril dan perlak. Perlengkapan mandi seperti biasa, handuk, sabun dan shampoo, perlak, pakaian, kain bedongan, grito, popok dan lain sebagainya.

2 . Memandikan

Tahap memandikan seyogyanya dalam suasana yang hangat, ruangan tidak ber-AC, airnyapun hangat, pertama kita lepaskan seluruh pakaian bayi di meja tersendiri yang ditutupi perlak, setelah itu pelan-pelan mengelap tubuh bayi dengan wash lap. Apabila bayi baru BAB atau BAK bisa menggunakan kapas. Apabila pusar bayi belum puput bisa dibersihkan dengan kasa steril yang diberi alkohol 70 persen. Untuk wash lap sendiri, wash lap pertama untuk membersihkan wajah, punggung dan kaki, sedangkan wash lap kedua untuk membersihkan sekitar kelamin.

Pada tahap memandikan, sangga leher dan kepala bayi dengan tangan kanan, kemudian mulai masukkan ke dalam bak mandi pelan-pelan dengan posisi kepala tidak sampai menyentuh air, setelah itu bilas pelan-pelan dari ujung kepala sampai kaki. Untuk posisi punggung yang sukar, bisa dengan dibalikkan pelan-pelan dengan menjadikan lengan sebagai tumpuan dadanya.

3 . Tahap Akhir / Finishing

Setelah memandikan bayi selesai, taruh bayi di meja yang telah dilambari perlak, kain bedongan, kain grito dan popok, usap-usap dulu tubuh bayi dengan minyak telon atau bedak di dada dan punggung untuk menghangatkan badan, di kelamin terkadang juga perlu tetapi tipis-tipis saja. Baru setelah itu kenakan popoknya, lalu kain gerito yang punya banyak tali baru setelah itu kain bedongan untuk membentuk rangka tubuhnya agar tidak banyak bergerak.

Baca juga

Jika sudah terbiasa tidak perlu takut lagi memandikan bayi yang baru lahir , walaupun awalnya agak canggung jika terus dibiasakan seorang ibu akan terbiasa menikmatinya Bahkan aktivitas memandikan bisa menjadikan kebahagiaan tersendiri bagi seorang ibu karena mendekatkan ibu dengan bayinya.

Oleh Bayi Kecil Com

Berbagi informasi untuk bunda dan si bayi dikala waktu senggang dalam kesibukan dunia rumahan.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *