Tips Mengatasi Kulit Kering Pada Bayi

Tips mengatasi Kulit Kering Pada Bayi

BayiKecil.comKulit kering pada bayi adalah masalah tersendiri bagi sebagian orang tua. Karena siapapun orang tua pasti menginginkan mempunyai bayi yang sehat, kuat dan cantik. Termasuk juga masalah kulit. Mempunyai kulit yang halus, kenyal dan kencang adalah harapan bagi setiap orang tua untuk bayinya. Namun sayangnya tidak semua bayi terlahir dengan kulit yang bagus.

Tapi tak perlu khawatir jika si kecil mempunyai masalah kulit kering pada bayi. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah kulit kering dan bersisik pada bayi.

Baca: Penyebab Kulit Bayi Kering

1 ) Mengatasi Kulit Kering Pada Bayi Dengan Pelembab

Tak hanya orang dewasa saja yang membutuhkan pelembab atau serum. Bayi juga membutuhkannya. Meski tingkat kebutuhan bayi terhadap pelembab kulit tidak sebanyak orang dewasa. Untuk mengatasi kulit bayi yang kering, maka kita bisa memberikan lotion tambahan khusus untuk kulit bayi yang bisa kita dapatkan di pasaran.

Baca juga: Kapan Waktu Yang Tepat dan Aman Memakai Lotion ke Tubuh Bayi

Hal yang perlu diingat adalah, penting bagi orang tua untuk memilihkan produk perawatan kulit bagi bayi. Karena kulit bayi yang masih rentan, maka hindari membeli produk pelembab yang mengandung pewangi, pengawet, zat lanolin, dan propylene glycol. Pilihlah bahan pelembab yang mengandung bahan alami untuk kulit.

2) Mengatasi Kulit Kering Pada Bayi Dengan Mandi Air Dingin

Banyak dari orang tua yang memandikan bayinya dengan menggunakan air hangat. Hal tersebut di maksudkan agar bayi merasa nyaman dan terhindarkan dari masuk angin. Namun sayangnya memandikan bayi dengan menggunakan air hangat justru akan merusak kelembaban kulit bayi. Karena air hangat justru akan menyerap minyak alami yang ada pada kulit bayi. Alhasil, kulit bayi menjadi kering dan bersisik.

Tips mengatasi Kulit Kering Pada Bayi

Selin itu, pilihlan sabun bayi yang berupa sabun cair. Jangan menggunakan sabun batangan. Apalagi dengan bahan sabun yang keras. Agar kelembaban kulit bayi tidak rusak dan kulit bayi tidak bersisik.

3) Mengatasi Kulit Kering Pada Bayi Dengan Mengeringkan Badan Secara Benar

Ini juga penting untuk diperhatikan. Setelah mandi, jangan mengeringkan bayi dengan cara yang sembarangan. Cara mengeringkan kulit bayi yang baik adalah dengan cara menepuk-nepuk kulit bayi dengan lembut menggunakan bahan handuk yang lembut pula. Jangan mengeringkan kulit bayi dengan cara menggosok secara kasar. Selain akan membuat kulit bayi kering dan bersisik, mengeringkan dengan cara menggosok juga akan menyakiti kulit bayi.

4) Mengatasi Kulit Kering Pada Bayi Dengan Memilih Bahan Pakaian Yang Lembut

Memilih bahan baju yang cocok untuk bayi juga penting. Pilihlah bahan baju yang terbuat dari bahan yang mempunyai sirkulasi angin yang baik. Agar bayi tidak merasa kepanasan. Selain itu, memilih bahan pakaian penyerap keringat juga salah satu tips mengatasi kulit kering pada bayi.

Baca juga: Pijat Bayi untuk Mengatasi Kolik. Apa itu kolik?

Oleh Bayi Kecil Com

Berbagi informasi untuk bunda dan si bayi dikala waktu senggang dalam kesibukan dunia rumahan.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *