8 Tips Mengembangkan Kecerdasan Bayi Sejak Dini

Tips Mengembangkan Kecerdasan Bayi Sejak Dini

BayiKecil.com – Bagaimana cara mengembangkan kecerdasan bayi sejak dini ? banyak cara untuk mengembangkan kecerdasan bayi sejak dini. Kecerdasan pada bayi sebenarnya akan berkembang dengan seiring berjalan dan bertambahnya usia pada bayi. Namun hal ini juga dipengaruhi oleh beberapa faktor dari keturunan atau bawaan genetik yang diturunkan orangtua dan faktor lingkungan. Seorang bayi dapat mengembangkan berbagai kecerdasan jika mempunyai faktor keturunan yang dirangsang oleh lingkungan secara terus-menerus.

Artikel sebelumnya: 8 Cara Mengembangkan Kemampuan Otak Bayi

Sel-sel otak bayi sebenarnya sudah dibentuk dalam janin ibu sejak 3-4 bulan dalam kandungan, kemudian setelah bayi lahir sampai usia 3-4 tahun selnya akan bertambah dengan cepat sampai miliaran sel yang terbentuk. Mengingat waktu pada masa bayi yang sangat terbatas ini, sebaiknya anda sebagai orangtua memanfaatkannya secara baik yakni dengan cara memberikan atau mengembangkan kecerdasan bayi sejak dini yang dinilai sangat penting dan akan mempengaruhi bagi kecerdasannya setelah dewasa nanti. Dan dimaksudkan juga untuk mengoptimalkan keserdasan sang bayi.

Berikut 8 Tips Mengembangkan Kecerdasan Bayi Sejak Dini

Tips Mengembangkan Kecerdasan Bayi Sejak Dini

  • Memberikan ASI eksklusif pada bayi, salah satu tips untuk meningkatkan dan mengembangkan kecerdasan bayi sejak dini yaitu dengan memberinya ASI secara eksklusif selama 9 bulan. Bayi yang diberi ASI eksklusif selama 9 bulan akan mengalami pertumbuhan yang lebih cerdas dibanding dengan bayi yang hanya diberi ASI 1 bulan atau kurang.
  • Cukupi gizinya dengan baik, dengan memberinya makan sayuran dan buah-buahan segar, dan nutrisi penting lainnya seperti asam lemak omega 3 yang bisa didapatkan dari ikan.
  • Mengajak bayi berbicara, seorang bayi harus sering diajak berbicara agar kemampuan menangkap dan kemampuan bicaranya terasah/terlatih. Semakin sering bayi diajak berkomunikasi maka akan semakin terlatih daya tangkap dan kemampuan bicaranya.
    Baca juga: Cara Efektif Menstimulasi Panca Indra Bayi Bunda
  • Mengenalkan musik, memperkenalkan musik sejak bayi bisa menjadi langkah yang tepat untuk melatih kemampuan otak kanannya memiliki kemajuan yang pesat dalam IQ dan akademiknya saat bayi dewasa nanti.
  • Memperkenalkan orang sekitar pada bayi, adanya interaksi bayi dengan orang-orang yang ada disekelilingnya dapat membantu sang bayi untuk bersosialisasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
  • Memperkenalkan keadaan alam sekelilingnya, ajaklah sang bayi untuk berjalan melihat-lihat pesona alam yang indah dan sejuk. Dengan demikian, bayi akan bisa merasakan keberadaan alam beserta isinya secara langsung.
  • Melakukan pemijatan santai pada bayi, dipercaya dapat memberikan rangsangan positif dan mengoptimalkan otak sang bayi.
  • Memeluk sang bayi, memberikan pelukan kepada sang bayi dapat menunjukkan rasa kasih sayang orangtua pada bayinya dan dapat memberikan pelajaran kepada sang bayi bahwa orangtua selalu melindungi dan mencintainya.

Baca juga : Inilah Posisi Menggendong Bayi Yang Paling Benar Sesuai Umurnya

Jadi, bagi anda orangtua yang tidak ingin ketinggalan demi tercapainya kecerdasan dan kepintaran sang bayi. Tunggu apa lagi segeralah coba beberapa tips diatas dengan mengembangkan kecerdasan bayi sejak dini yang merupakan pelajaran terpenting bagi bayi.

Oleh Bayi Kecil Com

Berbagi informasi untuk bunda dan si bayi dikala waktu senggang dalam kesibukan dunia rumahan.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *