Tips Cara Merawat Bayi yang Lahir Prematur di Rumah

Tips Merawat Bayi yang Lahir Prematur
Tips Merawat Bayi yang Lahir Prematur

BayiKecil.com – Sejatinya tips merawat bayi yang lahir prematur gampang-gampang susah, namun yang tidak tahu tehniknya, salah-salah malah celaka. Tak sembarang orang bisa merawat bayi prematur, karena Ia memerlukan penanganan khusus yang sangat berbeda jika dibandingkan dengan penanganan bayi biasa.

Bayi prematur adalah janin yang sudah lahir sebelum waktunya. Karena itu, tips merawat bayi yang lahir prematur harus diperhatikan suasana seolah-olah bayi tersebut seolah-olah berada di dalam rahim.

Tips Merawat Bayi yang Lahir Prematur

Alangkah beruntungnya seorang ibu mendapatkan karunia rizki seorang bayi yang lahir prematur, agar bayi prematur tersebut nantinya tumbuh normal perlu diberi perlakuan khusus, karena bayi prematur bukanlah bayi biasa.

Berikut ini tips-tipsnya:

Tips Merawat Bayi yang Lahir Prematur
Tips Merawat Bayi yang Lahir Prematur

Melakukan Metode Kangaroo Mother Care

Seperti cara menggendongnya binatang kanguru dengan menaruh si bayi di dada ibunya sehingga kulit mereka dapat bersentuhan langsung dengan kulit ibunya. Selain dapat menjaga kestabilan suhu tubuh si bayi juga dapat menstabilkan denyut jantung dan nafas.

Selain itu secara psikis dapat mempererat hubungan emosional dengan sang ibu. Metode ini bisa diterapkan untuk bayi di bawah 2500 gram

Menciptakan Lingkungan yang Tenang

Bayi prematur membutuhkan waktu tidur lebih panjang, karena itulah lingkungan di sekitar harus mendukung dengan ketiadaan suara-suara bising yang mengganggu ketenangan si bayi.

Tidur panjang yang berkualitas bagi seorang bayi ini penting untuk memacu hormon pertumbuhan dan perkembangan sel otaknya secara optimal

Jalankan Program ASI Ekslusif Pada Bayi

Tak ada makanan bayi yang lebih bergizi selain ASI, apalagi untuk bayi prematur yang memang harus diberikan ASI ekslusif sampai mencapai umur yang ditentukan. ASI merupakan nutrisi penting untuk meningkatkan berat badan dan menjaga daya tahan tubuh bayi, misalnya dari berbagai penyakit.

Jika bayi kesulitan untuk minum ASI langsung, seorang ibu dapat memerahnya terlebih dahulu.

Untuk bayi prematur biasanya diberikan 12 kali dalam sehari, dengan sekali minum sekitar 60 cc. Banyak dan sedikitnya tergantung juga dengan ukuran bayi.

Memberikan Stimulasi untuk Bayi

Bayi yang masih berada di dalam rahim saja sudah mampu menangkap stimulus, apalagi yang sudah lahir. Stimulus itu bisa berupa menyentuhnya lembut, mengajaknya bicara atau memberikan beberapa gerakan yang mampu dilihatnya.

Untuk penglihatan ini, dekatkanlah wajah anda pada bayi anda dalam jarak dekat sekitar 30 cm, atau sesekali bisa dilakukan dengan mengecup keningnya dengan lembut.

Namun dalam memberikan stimulus jangan sampai membuat bayi anda kelelahan, kelelahan bisa berupa hilangnya kontak mata, tangannya seperti menolak, terlihat mengantuk dan menguap yang berlebihan, atau menangis terus menerus.

Baca juga: Cara Merawat Tali Pusat Bayi Baru Lahir Agar Cepat Lepas dan Kering

Demikianlah tips merawat bayi prematur yang baru lahir, semoga bermanfaat untuk bunda spesial semua 😉

Oleh Bayi Kecil Com

Berbagi informasi untuk bunda dan si bayi dikala waktu senggang dalam kesibukan dunia rumahan.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *