Tips Penting Menjaga Kesehatan Rambut Setelah Berenang

Tips Penting Menjaga Kesehatan Rambut Setelah Berenang
Tips Penting Menjaga Kesehatan Rambut Setelah Berenang

BayiKecil.com – Banyak yang tidak menjaga kesehatan rambut setelah berenang, setelah berenang rambut dibiarkan begitu saja tanpa perawatan, padahal kondisi rambut yang tidak terjaga setelah berenang bisa merusak rambut itu sendiri. Rambut adalah mahkota, karena itu penting menjaga kesehatan rambut setelah berenang untuk memelihara mahkota kita.

Ketampanan wajah salah satunya karena rambut yang bagus, yakni yang terawat indah dan tebal. Namun bagi yang memiliki kebiasaan berenang biasanya kurang memelihara kesehatan rambutnya

Bagaimana Menjaga Kesehatan Rambut Setelah Berenang

Berenang salah satu olahraga yang paling digemari masyarakat, selain untuk menguatkan nafas juga membuat tubuh tetap bugar. Tetapi yang kurang disadari adalah air yang digunakan berenang mengandung kaporit atau khlorin.

Tips Penting Menjaga Kesehatan Rambut Setelah Berenang

Kegunaan kaporit atau khlorin sendiri untuk menghilangkan kuman atau desinfektan yang ada di kolam renang. Namun celakanya bisa merusak rambut, maka yang harus dilakukan agar rambut tetap segar setelah berenang adalah sebagai berikut.

Menggunakan Kondisioner Sebelum Berenang

Air kolam renang yang mengandung kaporit atau khlorin sering menyebabkan rambut jadi kering dan kusut. Hal ini karena air kaporit meluruhkan kutikula rambut yang berada di dalam kulit kepala.

Dengan menggunakan kondisioner dan dioleskan terus menerus bisa mengelem kutikula sehingga membuat rambut tidak banyak yang rontok juga kutikulanya.

Menggunakan Topi Berenang

Setelah membasahi rambut dengan kondisioner, ada baiknya kondisioner itu kita pertahankan dengan menggunakan topi berenang. Topi berenang ini biasanya terbuat dari plastik sehingga tak tembus air.

Membasahi Rambut Sebelum Berenang

Sebelum aktivitas berenang dilakukan, sebaiknya pergi ke pemandiannya dulu untuk membasahi rambut. Air di pemandian yang masih tawar dan tidak mengandung kaporit atau kutikula sangat penting bagi rambut.

Dengan rambut yang sebelumnya telah basah oleh air mengurangi penyerapan khlorin atau kaporit yang ada di kolam renang

HIndari mengeringkan rambut dengan Hair Dryer

Pemeliharaan sebelum berenang tak kalah penting dengan yang sebelum berenang. Setelah berenang ada baiknya rambut segera dibilas untuk menghilangkan efek kaporit yang terserap dalam rambut kita.

Lebih baik lagi jika kita menghilangkan efek khlorin atau kaporit itu dengan shampoo, atau pengganti shampoo, yakni baking soda.

Tetapi yang tak kalah penting adalah membiarkan rambut itu kering alami, atau dengan handuk dengan ditekan perlahan-lahan, dan jangan sesekali menggunakan hair dryer untuk menjaga dari kekeringan berlebihan yang juga malah bisa merusak rambut

Dengan menjaga kesehatan rambut setelah berenang, maka kegemaran kita berenang takkan merusak penampilan kita, khususnya berenang.

Baca juga: Mencret Pada Bayi Baru Lahir Kenapa & Harus Bagaimana?

Seberapapun sering kita berenang tak masalah asalkan kita mampu menjaga rambut kita tetap terlihat indah sebagai penunjang penampilan kita sehari-hari.

Oleh Bayi Kecil Com

Berbagi informasi untuk bunda dan si bayi dikala waktu senggang dalam kesibukan dunia rumahan.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *