5+ Tips Perawatan Bayi 1 Bulan ke Bawah untuk Mamah Muda

Cara Perawatan Bayi 1 Bulan Ke Bawah
Bayi Satu Bulan

BayiKecil.com – Perawatan Bayi 1 Bulan ke bawah merupakan suatu pekerjaan yang tidak mudah dan tidak bisa dianggap remeh. Si ibu bayi harus cermat dan gesit dalam merawat bayi.

Dalam artikel kali ini akan membahas beberapa jenis Perawatan Bayi untuk bayi berusia 1 bulan ke bawah, alias bisa dikategorikan sebagai artikel balita umur 0-1 bulan.

Beberapa Jenis Perawatan Bayi 1 Bulan

Merawat Tali Pusat Bayi

Tali pusat yang sudah dipotong. Kemudian diikat oleh kain, harus mendapatkan perawatan yag baik dan tepat. yaitu caranya dengan bersihkan pangkal pada tali tersebut kurang lebih 2x sehari. Membersihkannya dengan menggunakan sabun dan air.

Pastikan kain yang membalut tali pusatnya kering, dan tidak kotor. Karena apabila basah, tali pusat akan lembab dan takutnya menimbulkan kuman dan bisa menyebabkan infeksi. Apabila si tali pusatnya belum terlepas. Sebaiknya si bayi jangan dimandikan dulu. Cukup dielap saja. kemudian biarkan tali pusat terkena udara, supaya cepat kering dan puput ( terlepas).

Baca juga: Cara Merawat Tali Pusar Bayi Menurut Anjuran Bidan

Merawat Mata Bayi

Merawat pada bagian mata harus dilakukan dengan penuh hati-hati. Pijat mata bayi kearah bawah menuju kearah hidung sekitar 5-10 kali pijatan. Lakukan kegiatan ini sekitar kurang lebih 2 minggu. Karena setelah berusia dua minggu, saluran air mata bayi pada umumnya telah terbuka dan bisa berfungsi dengan baik. Dan jika anda ingin membersihkan tahi mata pada si bayi. Sebaiknya menggunakan kapas steril yang telah dibasahi dengan air matang.

Merawat Kulit Bayi

Merawat kulit bayi, dilakukan dengan cara memandikannya. Karena dengan cara ini bisa menjaga kulit bayi anda serangan kuman. Memandikan bayi bisa dilakukan dengan cara berendam di bak mandi anak.

Ataupun dengan cara dielap saja dengan menggunakan sabun mandi khusus bayi. Pastikan anda memilih sabun yang mengandung Pro-Vitamin B5. Karena ini bisa berfungsi untuk menjaga kulit bayi tetap lembut dan mampu memberikan rasa nyaman terhadap bayi anda. gunakan juga baby oil agar kulit bayi anda halus dan lebut.

Cara Perawatan Bayi 1 Bulan Ke Bawah
Bayi Satu Bulan

Memberikan ASI pada Bayi

Pada bayi yang baru lahir sebaiknya memberikan ASI secara eksklusif. Karena memberikan asi secara esklusif akan membantu perkembangan pada bayi anda.

Perawatan Kuku Bayi

Jika kuku pada bayi usia 1 bulan anda sudah panjang. Maka sebaiknya segera menggunting. Karena pabila tangannya tidak dibungkus dengan dengan sarung tangan. Kuku-kukunya bisa menggores dan melukai bagian tubuh lainnya.

Jika anda ingin menggunting kuku pada sibayi. Anda bisa mengguntingnya disaat bayi anda sedang tidur, agar sibayi tetap tenang dan tidak banyak bergerak. Pastikan gunting kuku yang digunaan ujung guntingannya tumpul. Agar menghindari kulitnya terkena guntingan.

Baca juga: Tips Perawatan Bayi Usia 0-6 Bulan Yang Umum

Demikian artikel seputar perawatan bayi 1 bulan. Semoga bermanfaat bagi anda para bunda muda baru.

Oleh Bayi Kecil Com

Berbagi informasi untuk bunda dan si bayi dikala waktu senggang dalam kesibukan dunia rumahan.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *